Bawang Merah

Bawang Merah – Bawang merah adalah salah satu jenis umbi bawang yang banyak terdapat di Indonesia. Bawang merah juga berguna sebagai bumbu masakan yang harus ada di dapur.

http://femalist.com/wp-content/uploads/2014/07/5-Manfaat-Bawang-Merah-untuk-Kecantikan-Kulit.jpg
Bawang Merah

Umbi bawang ini telah banyak diolah oleh masyarakat, seperti acar dan berbagai makanan lain. Selain itu, kulit bawang merah dapat dijadikan sebagai pewarna alami serta daunnya yang dapat digunakan sebagai campuran sayur.

Kandungan vitamin C, kalium, serat dan asam folat dapat membantu mencegah dan meredakan beberapa penyakit. Seperti vitamin C yang berguna untuk mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan terjadinya kanker.

Kanker yang dapat dicegah oleh bawang merah adalah kanker prostat. Asupan allium diketahui memiliki resiko yang rendah terhadap kanker. Selain itu, asupan allium juga memliki perbanding terbalik dengan resiko terserang kanker perut.

Dalam bwang putih juga terkandung folat yang dapat meringankan depresi dengan mencegah terjadinya kelebihan homosistein dalam tubuh yang mempengaruhi darah yang tidak dapat mencapai otak. Homosistein sangat berpengaruh pada produksi hormone serotonin, dopamine, neropinephrine yang mengatur suasana hati, juga tidur serta nafsu makan yang baik.

Kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat jika mengonsumsi bawang merah karena didalam bawang merah terkandung sulfide methylallyl serta asam amino sulfur. Selain itu dapat membantu mengontrol darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat sehingga dapat memperlancar kerja jantung.

Untuk pengobatan secara tradisional, bawang merah sering digunakan untuk meredakan batuk serta perut kembung. Caranya cukup mudah, hanya perlu memarut bawang merah dan campurkan dengan minyak telon, hanya perlu membalurkan pada tubuh sambil diurut secara merata untuk anak anak.

Memang banyak manfaat bawang merah yang belum diketahui, namun dari berbagai manfaat diatas kita dapat memanfaatkan bawang merah bukan hanya sebagai bumbu masakan saja.

Jika ingin menanam bawang merah sendiri, menanam bawang sangat mudah, namun harus memperhatikan kualitas tanah yang akan digunakan :

  • Siapkan lahan yang sebaiknya terletak di dataran rendah dan memiliki suhu 27 – 32 oC dan mendapat sinar matahari yang cukup.
  • pH tanah yang baik untuk bertanam bawang merah adalah yang berkisar 6-7 . dengan tekstur tanah yang memiliki tekstur sedang hingga liat.
  • Kelembaban tanah yang baik untuk bawang merah adalah sekitar 60-70 %. Mengukur kelembaban tanah dapat dilakukan menggunakan alat ukur kelembaban tanah.
  • Bawang merah dapat ditananm di tanah Glei humus, latosol, maupun alluvial.