Beberapa Manfaat Dalam Terong

Beberapa Manfaat Dalam Terong – Terong merupakan tanaman sayur yang memiliki buah berwarna ungu ataupun hijau. Terong sendiri berasal dari India dan Sri Lanka.

Beberapa Manfaat Dalam Terong
Beberapa Manfaat Dalam Terong

Terong banyak dibudidayakan di Indonesia. Ada banyak terong yang sudah dihasilkan, dengan berbagai jenis. Ada terong Gelatik, terong Kopek, terong Bogor, terong Medan serta terdapat pula terong Jepang.

Terong biasanya akan dibudidayakan dalam lahan lempung berpasir yang memiliki derajat keasaman atau pH 6,5 – 7. Selain itu suhu yang bagus untuk membudidayakan terong biasanya berada di 22-30 oC.

Ph tanah yang dibutuhkan untuk bertanam terong harus sesuai, jika ph tanah rendah, maka campurkan menggunakan kapur atau dolomit. Jika ph tanah tinggi maka dapat ditambahkan belerang. Untuk mengukur berapa pH tanah, dapat digunakan alat ukur pH meter.

Sinar matahari yang cukup sangat berpengaruh pada pertumbuhan terong. Dengan begitu, terong biasanya akan ditanam pada musim kemarau.

Terong memiliki banyak kandungan baik didalamnya. Beberapa manfaat berikut ini terkandung dalam terong. Diantaranya adalah :

  1. Menyehatkan jantung

Kandungan kalium yang terdapat pada terong dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium dalam terong juga memiliki pengaruh untuk menstabilkan tekanan darah.

  1. Membantu otak

Kandungan fitonutrien yang terdapat pada terong memiliki peran penting untuk membantu menjaga sel yang mampu melindungi tubuh dari segala bentuk kerusakan. Kandungan ini dapat melestarikan fungsi memori.

  1. Menurunkan berat badan

Berat badan sangat berpengaruh bagi setiap orang. Untuk menurunkan berat badan, dapat pula mengonsumsi terong, karena terong memiliki kadar air yang tinggi didalamnya, serta memiliki kandungan kalori yang rendah.

  1. Membantu pencernaan

Kandungan serat dapat membantu melancarkan pencernaan. Karena serat dapat mengatasi dan memperlancar system pencernaan.

  1. Melembabkan kulit kepala

Kulit kepala yang kering dapat dicegah karena adanya kandungan mineral dan vitamin yang cukup dalam tubuh. Dengan mengonsumsi terong yang terdapat nutrisi serta mineral. Dapat membantu melembabkan kulit.

  1. Control gula darah

Kandungan serat dan karbohidrat terlarut, dapat mengontrol gula darah.

  1. Cegah penuaan dini

Kandungan vitamin E terdapat dalam terong. Vitamin E bermanfaat untuk membantu mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru.