Cara Membuat Saringan Air Agar Jernih

Cara Membuat Saringan Air Agar Jernih – Air merupakan salah satu hal yang terpenting untuk kehidupan makhluk hidup. Manusia begitu bergantung terhadap air untuk kebutuhan konsumsi. Namun tidak semua air dapat dikonsumsi, hanya air yang jernih dan layak minumlah yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Masalah yang sering dihadapi oleh manusia adalah air bersih, terkadang air yang awalnya bersih ini tercampur atau terkontaminasi sehingga menjadi air yang keruh, kotor bahkan tidak layak minum. Oleh karena itu salah satu cara untuk menjernihkan air adalah dengan membuat dan menggunakan saringan air.

Cara Membuat Saringan Air Agar Jernih

Ada banyak cara dalam pembuatan saringan air ini, namun ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk menyaring air kotor hingga menjadi air yang bersih dan layak minum. Kedua cara ini berbeda dalam pengaplikasiannya, jadi disesuaikan antara kebutuhan dengan volume air.

Baca Juga : Cara Menjernihkan Air Sumur Dengan Tawas

Untuk penyaringan air dengan volume tidak terlalu banyak, gunakanlah botol penyaringan. Namun jika sebaliknya maka gunakanlah bak penyaringan untuk hasil yang lebih maksimal.

Menggunakan Botol Penyaringan
Botol penyaringan ini dapat digunakan untuk menyaring air kotor hingga mendapatkan hasil air yang lebih bersih. Siapkan beberapa peralatan dan bahan, alat dan bahannya yaitu:

1 botol plastik bekas air mineral, kain kasa, pasir, kerikil, kain biasa, arang, 1 buah wadah. Gunakan arang aktif dari tempurung kelapa.

Cara Membuat Filter Air Menggunakan Botol Penyaringan – Persiapkan Botol. Potong botol plastik bekas air mineral menjadi 2 bagian dengan perbandingan 1/3 bagian bawah botol dan 2/3 bagian atas botol. Kemudian ambil bagian atas botol. Lubangi tutup botol sekitar 1,2 cm.

Cara Membuat Filter Air Menggunakan Botol Penyaringan

Cara membuatnya cukup ikuti sesuai gambar diatas dengan dimodifikasi sedikit. Dimulai dari memotong bagian bawah botol dan melubangi tutup botol untuk aliran air. Posisikan botol yang ada tutupnya pada posisi bawah kemudian masukan satu persatu bahan-bahannya.

Masukan potongan-potongan kain kasa ke dalam botol hingga menempel pada dasar botol yaitu pada bagian tutup botol yang sudah dilubangi. Pada bagian atasnya lapisi dengan arang secukupnya kemudian diatas arang lapisi lagi dengan pasir secukupnya yang akan berguna sebagai penyaring kotoran-kotoran yang ada pada air.

Setelah itu masukan kerikil diatas pasir. Posisi kerikil disini sebagai penyaring air pertama kali. Step diatas tidak paten dan bisa disesuaikan dengan botol yang Anda gunakan. Terakhir tutup bagian atas botol dengan kain bekas.

Saringan air sederhana sudah bisa digunakan untuk menyaring air kotor. Siapkan wadah untuk tempat hasil penyaringan air. Metode diatas hanya menjadikan air lebih bersih dari sebelumnya namun tidak menjamin kualitas dari air yang telah disaring tersebut. Jika ingin mengetahui kualitas air secara tepat gunakanlah alat uji kualitas air.

Menggunakan Bak Penyaringan
Jika volume air yang akan disaring banyak, maka dengan metode botol penyaringan kurang efektif dan efisien. Oleh sebab itu maka buatlah saringan air menggunakan bak penyaringan. Pembuatannya pun mudah, hampir sama dengan metode saringan dari botol.

Menggunakan Bak Penyaringan

Siapkan bahan-bahannya yaitu batu kali, pasir halus, ijuk, arang aktif dari tempurung kelapa, batu, kerikil, tempat penyaringan (gunakan drum atau tong besar). Apabila air yang Anda hadapi merupakan air yang sangat kotor, gunakanlah batu zeolit untuk menyaring air yang sangat kotor.

Setelah proses penyaringan air berlangsung, air tidak serta merta jernih namun air yang akan didapatkan nantinya merupakan air yang jernih. Air penyaringan awalnya tidak terlalu jernih namun akan berangsur-angsur jernih setelah penyaringan.

Incoming search terms:

  • Cara membuat Saringan Air
  • cara membuat filter air
  • membuat saringan air
  • cara bikin saringan air
  • saringan air sederhana dari botol
  • cara membuat air bersih
  • cara buat saringan air
  • https://www mallardsgroups com/cara-membuat-saringan-air-agar-jernih/
  • cara membuat penyaring air
  • Cara menyaring air kotor