Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo – Baik bagi perempuan ataupun laki-laki, masalah pada wajah adalah masalah penting yang harus segera ditangani. Bukan hanya jerawat, masalah wajah yang kerap kali dikeluhkan banyak orang adalah komedo.

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan masalah pada kulit wajah yang sering dialami, terutama bagi mereka yang memiliki kulit wajah berminyak. Karenanya, banyak orang yang melakukan berbagai cara menghilangkan komedo. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan komedo dan mencegahnya, Anda terlebih dahulu harus paham apa yang dimaksud dengan komedo.

Komedo adalah benjolan (papula) berukuran kecil yang mengandung lemak dan muncul di permukaan kulit. Komedo merupakan jenis jerawat ringan yang sama-sama muncul di permukaan kulit wajah. Selain wajah, komedo bisa juga timbul di area dada, bahu punggung, leher, dan lengan.

Sama seperti jerawat, komedo disebabkan oleh penyumbatan minyak, kotoran, maupun sel kulit mati pada pori-pori kulit wajah. Hal yang membedakannya adalah komedo tidak diselimuti kulit sebagaimana jerawat. Terdapat dua jenis komedo, yaitu blackhead dan whitehead.

Cara Menghilangkan Komedo

Sebetulnya, komedo dapat dihilangkan dengan mudah hanya dengan bahan-bahan alami yang biasa ada di rumah Anda, lho! Nah, berikut ini beberapa cara menghilangan komedo yang paling ampuh nan jitu menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar Anda.

1. Putih Telur
Cara menghilangkan komedo yang ini sudah dibuktikan dan diterapkan oleh banyak orang. Putih telur mengandung nutrisi yang dapat menghilangkan komedo Selain itu, nutrisi pada putih telur juga mampu mengencangkan pori, serta mencegah timbulnya komedo kembali.

Caranya: pecahkan telur, kemudian pisahkan putih dan kuningnya. Kocok putih telur hingga mengembang. Setelahnya, langsung saja oleskan pada area komedo, bisa juga dioleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit, pastikan telah mengering. Bilas wajah dengan air hangat.

2. Lemon
Dalam perawatan kecantikan kulit, tak ada yang meragukan keampuhan lemon.
Kandungan asam alpha-hydroxi pada lemon sangat baik untuk menghilangkan jerawat, komedo, hingga noda bekas jerawat. Asam sitratnya mampu mengencangkan pori wajah dan meruntuhkan sel kulit mati.

Cara menghilangkan komedo dengan lemon adalah dengan memotong lemon menjadi 2-4 bagian. Gosokkan lemon pada area komedo. Diamkan selama 5-8 menit. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

Lakukanlah perawatan ini sebanyak 3-4 kali salam seminggu. Anda juga bisa
memberikan tambahan tetesan madu pada permukaan lemon yang akan diaplikasikan ke wajah Anda.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya berisi gel yang mengandung hormon yang dapat mengurangi peradangan kulit. Selain itu, kandungannya juga dapat melembabkan kulit wajah. Caranya: pisahkan gel dari kulit lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya pada area komedo. Diamkan 10-15 menit. Kemudian, bersihkan wajah dengan air hangat.

4. Teh Hijau
Selain berfungsi untuk mendukung diet, teh hijau juga mampu meyerap kelebihan minyak dan merupakan salah satu cara menghilangkan komedo. Caranya, rendam daun teh hijau dalam air panas selama 5-10 menit. Setelah larut, celupkan kapas pada larutan teh hijau dan oleskan kapas ke bagian komedo.

Selain menggunakan daun teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh hijau celup dengan merendamnya selama 3-5 menit. Kemudian tiriskan kantong teh dan langsung saja gosokkan perlahan pada area komedo. Jika rutin dikonsumsi setiap hari, teh hijau dapat mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

5. Kulit Jeruk
Jika Anda memakan jeruk, jangan sekali-kali membuang kulitnya. Kulit jeruk yang
mengandung vitamin C dan asam alpha – hydroxi dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo, mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori yang tersumbat debu.

Caranya: Keringkan kulit jeruk di bawah terik matahari hingga kering seutuhnya. Haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk hingga membentuk pasta. Oleskanlah pasta kulit jeruk pada area komedo sembari
memijat wajah selama 5-8 menit. Bersihkan wajah dengan suhu air normal dan keringkan.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo

Sejatinya, cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami di atas memang ampuh menghilangkan komedo. Namun, tentu harus diimbangi dengan pencegahan timbulnya kembali komedo. Berikut langkah-langkah untuk mencegah timbulnya komedo:

1. Rajin membersihkan wajah. Penting bagi Anda untuk selalu menjaga kelembaban kulit dan menjaga wajah tetap bersih. Apalagi, bagi Anda yang hobi make up. Jangan sekali-kali lupa untuk membersihkan wajah Anda dari make up sebelum tidur.

2. Jangan sekali-kali memencet komedo. Memencet komedo pada wajah dapat menimbulkan luka. Selain itu, komedo yang dipencet akan membuat bakteri menyebar pada permukaan wajah Anda dan justru akan memunculkan komeso baru hingga bekas luka.

3. Menjaga pola makan. Perbanyak makan sayur, buah, dan air mineral. Kurangi asupan makanan yang mengandung banyak minyak. Sistem pencernaan dan peredaran yang baik akan membuat kulit sehat.

Selamat mencoba perawatan!