Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu di bagian tubuh kita yang cukup sering terekspos seperti lengan, leher, punggung, dada, perut, bahkan di wajah.

Cara Menghilangkan Panu

Panu juga bisa timbul di area-area yang tersembunyi seperti ketiak dan lipatan paha. Keberadaan panu ditubuh kita tentu membuat kita merasa risih dan membuat kita jadi tidak pede dengan penampilan kita.

Panu disebabkan oleh Jamur Malassezia dengan jumlah yang sangat banyak di permukaan kulit kita, sehingga memicu pertumbuhannya dan membuat kulit kita
tampak belang. Meskipun tidak menonjol sepeti jerawat, tapi efek belang yang ditimbulkan sangat menganggu penampilan, ada yang berwarna merah, putih, bahkan hitam, tergantung dari jenis warna kulit si penderita.

Ada banyak cara menghilangkan panu manjur yang dapat dilakukan, bisa dengan menggunakan bahan alami mapun dengan obat resep dari dokter yang bisa didapatkan di apotik.

Tips Menghilangkan Panu

Bagi Anda yang ingin menghilangkan masalah kulit ini, berikut adalah beberapa cara menghilangkan panu:

1. Sebelum mengobati ada baiknya untuk mencegah pertumbuhannya terlebih dahulu. Jamur Malassezia cenderung selalu ada dipermukaan kulit kita, namun ketika jumlahnya semakin banyak maka dapat menimbulkan bercak-bercak putih atau gelap (panu) pada kulit, maka dari itu sangat penting untuk menjaga agar kulit kita tidak terlalu lembab karena keringat atau minyak berlebih pada wajah.

2. Salah satu cara yang juga dapat mencegah timbulnya jamur adalah dengan
mengonsumsi makanan bergizi, hal ini dapat membantu memperkuat sistem imun kita agar tidak mudah terserang berbagai penyakit yang diakibatkan oleh jamur.

3. Salah satu cara menghilangkan panu dengan obat yang cukup ampuh adalah
dengan memakai produk anti jamur yang biasanya berbentuk salep. Gunakan salep
untuk mengobati panu yang mengandung Ciclopirox, Miconazole, Ketoconazole,
Selenium, Clotrimazole, Terbinafine atau Sulfide.

Sebelum memakai salep, bersihkan area permukaan kulit yang berpanu dan sekitarnya terlebih dahulu menggunakan air bersih, lalu keringkan. Setelah itu oleskan salep secara tipis dan merata ke permukaan kulit. Kamu juga bisa memakai sabun anti jamur yang mengandung Zinc Pyrithione saat mandi.

4. Bagi penderita panu akut atau bagi kamu yang punya panu di hampir sebagian besar tubuhmu, atau panu yang setelah sembuh langsung kambuh lagi. Salah satu cara menghilangkan panu yang tepat adalah dengan mengobatinya dari dalam, yakni dengan meminum resep obat dari dokter.

Cara ini biasanya membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu atau beberapa bulan agar warna kulit kita kembali normal.

5. Menggunakan Tea Tree Oil juga bisa menjadi cara menghilangkan panu yang bisa kamu coba. Tea Tree Oil mengandung anti jamur yang bisa menghentikan
penyebaran infeksi dan mampu mencegah panu datang kembali.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampur beberapa tetes Tea Tree Oil sesuai kebutuhanmu dengan 1 sendok makan minyak kelapa atau zaitun murni, setelah itu aduk sampai merata dan oleskan perlahan pada permukaan kulit kamu yang berpanu.

Lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tea Tree Oil juga ampuh untuk menghilangkan rasa gatal.

6. Lidah buaya juga cukup efektif untuk menghilangkan panu, karena mengandung protein bernama 14 kDA dengan kandungan anti radang dan anti jamur. Kamu hanya perlu mengoleskan gel alami lidah buaya kearea yang berpanu.

7. Bawang putih sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai obat anti bakteri dan jamur, maka dari itu kamu juga bisa menggunakan bawang putih sebagai obat Pereda gatal dan sebagai pencegah pertumbuhan jamur.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mengulek bawang putih dan mengambil hasil perasan airnya, setelah itu gunakan air hasil perasan tersebut sebagai obat oles. Selanjutnya kamu bisa langsung aplikasikan pada bagian yang berpanu.

8. Kunyit juga merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh menghilangkan panu pada kulit, karena mengandung antiseptic, antibiotic, dan khususnya anti jamur.

9. Menggunakan minyak kelapa juga merupakan salah satu cara menghilangkan
panu. Karena mampu membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap jamur,
bakteri, bahkan virus.

Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa dapat membantu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Caranya cukup mudah, yakni cukup dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata ke permukaan kulit yang ada panunya.

Itulah beberapa cara menghilangkan panu alami maupun menggunakan obat-obatan dari dokter. Karena penampilan adalah salah satu hal yang sangat penting, maka sudah sepantasnya kita menjaga dan merawat tubuh kita dengan baik.

Kulit adalah pelindung tubuh kita dari berbagai macam hal yang bisa mengancam kesehatan dalam tubuh kita. Maka dari itu, dari pada mengobati lebih baik melakukan tindakan pencegahan sejak dini dengan selalu menjaga kebersihan kulit kita setiap hari.