Berapa Gaji Karyawan Tenaga Ahli SEO di Indonesia?

Mungkin Anda pernah bertanya berapa sih gaji karyawan orang-orang yang ahli dididang SEO? Ntah itu SEO Leader, SEO Optimizer, SEO Analyst, SEO Auditor dan yang lainya. SEO yang erat kaitanya dengan posisi kata kunci (keyword) yang berada di halaman pertama (orang menyebutnya : Pejwan) pada mesin pencari google ini bukanlah perkara yang gampang. Namun terkadang di Indonesia para ahli SEO seperti pakar SEO ini kurang dihargai apabila kita bandingkan dengan negara tetangga atau sebut saja luar negeri.

Gaji Karyawan Tenaga Ahli SEO di Indonesia

Hal ini bukan sepenuhnya salah si Ahli SEO tersebut maupun si Boss yang menggaji karyawan SEO tersebut, melainkan karena belum sepenuhnya menyadari dan mengerti pentingnya seorang karyawan yang ahli SEO untuk membantu perusahaannya.

Tidak heran jika banyak orang-orang yang pandai dalam ilmu SEO atau yang biasa disebut praktisi SEO ini lebih memilih bekerja secara sendiri dibandingkan menjadi karyawan atau tenaga profesional.

Namun lebih dari itu, utamakan kemampuan maka Anda akan bisa melihat peluang seperti membuka layanan jasa SEO sendiri secara online. Jika Anda masih merintis layanan jasa SEO sebaiknya kerjakan semua sendiri.

Bila saatnya tiba, orang yang percaya kepada Anda dan membeli jasa SEO Anda semakin banyak, maka rekrutlah orang dan buatlah menjadi team yang solid. Carilah orang yang mempunyai semangat belajar, pantang menyerah, rajin beribadah dan dapat dipercaya.

Ingat bahwa Anda menjadi Pakar SEO tentu bukan hasil tiba-tiba tetapi hasil dari belajar dan praktik, orang lain pun mempunyai kesempatan demikian. Apabila Anda merekrut orang untuk bergabung, berikanlah dia pekerjaan yang termudah namun menyita banyak waktu seperti membuat konten berupa artikel untuk backlink, review dan kebutuhan lainya.

Berapa Gaji Karyawan Tenaga Ahli SEO di Indonesia?

Gaji atau upah karyawan tenaga ahli SEO baik di dalam atau diluar negeri ini bervariasi. Penting untuk Anda ketahui bahwa ahli SEO ini dibagi menjadi banyak bagian seperti, SEO Link Builder, SEO Copywriter, SEO specialist/Analyst, SEO content/keyword strategis, SEO Manager, SEO Director.

Pembagian bagian atau nama sebutan ini bisa mencontoh luar negeri ataupun sesuai tugas yang dia kerjakan. Berikut ini referensi gaji karyawan ahli SEO terbaru lengkap 2017 di Indonesia.

1. SEO Director

Tugas dari seorang director adalah mengarahkan team SEO (kadang sampai beberapa team), memberikan strategi, mengawasi, memberikan pelatihan dan kadang ikut terjun mengoptimasi website. Di indonesia, seorang SEO director gajinya berkisar antara Rp.15.000.000 s/d Rp. 35.000.000 per bulan.

Sedangkan di negara Amerika, seorang SEO Director gajinya bisa mencapai Rp. 64.000.000 s/d Rp. 110.000.000 per bulannya.

2. SEO Manager

Seorang SEO Manager memiliki tugas untuk melaporkan semua hasil kerja tim kepada SEO Director antara lain hasil research keyword, kontent, strategi, link building dan lain sebagainya dan terkadang juga ikut terjun membantu optimasi.
Gaji seorang SEO Manager di Indonesia berkisar antara Rp. 10.000.000 s/d Rp. 30.000.000 per bulannya. Sedangkan di Amerika gajinya berkisar antara Rp. 50.000.000 s/d 91.000.000 per bulannya.

3. SEO Content/Keyword Strategis

SEO Content/Keyword Strategis biasanya mengepalai sebuah team atau biasa kita sebut sebagai leader yang tugasnya mengelola tim dan memantau hasil kerja tim namun terkadang juga terjun langsung dalam mengoptimasi website perusahaan.
Untuk wilayah Indonesia khususnya Jakarta, gajinya berkisar antara Rp. 7.500.000 s/d Rp. 20.000.000 per bulannya. Dan di Amerika gajinya berkisar antara Rp. 45.000.000 s/d Rp. 90.000.000 per bulan.

4. SEO Analyst/Specialist

SEO Analyst atau Specialist ibaratkan sebuah roda, mereka adalah tim pencari/research keyword, mengoptimalkan kontent halaman, meneliti kata kunci, mencari strategi link building dan lain sebagainya.Gaji untuk SEO specialist/analyst di Indonesia berkisar Rp. 5.000.000 s/d Rp. 15.000.000 per bulan sedangkan untuk negara Amerika berkisar antara Rp. 41.000.000 s/d Rp. 77.000.000 per bulan.

5. SEO Copywriter

Sesuai dengan namanya, tugas dari seo copywriter adalah menulis content original yang sangat seo friendly agar dapat dilakukan linkbaiting antara artikel yang satu dengan yang lainnya. Di negara kita gaji seorang SEO Copywriter berkisar di nilai Rp. 3.000.000 s/d Rp.10.000.000 per bulannya sedangkan di Amerika berkisar dari Rp. 32.000.000 s/d Rp. 68.000.000 perbulan.

6. SEO Link Builder

Tugas dari SEO link builder adalah menanam link dengan strategi yang telah diberikan oleh SEO Analyst/Specialist. Dan gajinya berkisar antara Rp. 2.500.000 s/d Rp. 7.500.000 untuk negara indonesia dan Rp. 25.000.000 s/d 60.000.000 untuk negara Amerika.

Ingat bahwa utamakan kemampuan, maka Anda bisa sedikit bernegosiasi dengan calon Boss Anda. Besar-kecilnya gaji yang ditawarkan atau yang akan anda terima tergantung perusahaan tempat Anda akan bekerja. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba menjadi penyedia jasa backlink, jasa seo maupun jasa pembuatan website.

Rekomendasi Kursus / Belajar SEO Online dari Ebook, Video, PDF + Group Support

Incoming search terms:

  • gaji seo