Kertas Untuk Membungkus Makanan

Kertas untuk membungkus makanan – sehatkah apabila makanan yang kita konsumsi sehari hari dibungkus menggunakan kertas. Sekarang banyak tersedia kertas minyak dan box nasi yang terbuat dari kertas.

Kertas Untuk Membungkus Makanan
Kertas untuk membungkus makanan

Kertas dalam kehidupan sehari hari digunakan untuk menulis. Jika koran adalah sebuah media berita cetak, dan kardus adalah sebuah box yang terbuat dari kertas. Kertas yang digunakan untuk membungkus makanan yang lazim digunakan adalah Old News Paper/ Old News Print (ONP) dan Old Corrugated Containers (OCC).

Untuk ONP sendiri adalah sebuah box makanan yang bahan pembuatannya adalah koran bekas dan bekas fotokopian . Ciri ciri kertas ini memiliki warna keabu abuan dan memiliki bintik bintik hitam di dalamnya. Box ini sering digunakan untuk membungkus makanan, memang terlihat mudah dan dapat menyimpan makanan dengan baik, tapi apakah baik untuk kesehatan.

OCC sering ditemui sebagai pembungkus makanan yang cukup simple digunakan. Tak perlu mencuci hanya perlu membuangnya saja. Kertas ini berwarna kecoklatan dengan bintik hitam di dalamnya, hal ini disebabkan karena kertas tersebut terbuat dari daur ulang kardus bekas yang telah dibuang.

Dalam produksinya kardus kardus tersebut ditempatkan di ruang terbuka dan dibiarkan terkena debu, kotoran, dan terik matahari. Hal ini dapat menyebabkan bertumbuhnya kuman di kardus yang akan dibuat menjadi kertas pembungkus makanan.

Kertas daur ulang memiliki beberapa bahaya bagi kesehatan manusia. Bahaya tersebut terjadi akibat bahan dasar kertas pembungkus, seperti timbal tinta cetak, bahan perekat, lilin, dan juga zat kimia berbahaya lainnya.

Lalu bagaimana jika sebuah kertas koran bekas digunakan sebagai pembungkus makanan seperti gorengan. Gorengan adalah suatu makanan yang mengandung banyak minyak, jika gorengan yang berminyak terbungkus oleh kertas koran, hal yang akan terjadi adalah minyak meresap ke kertas dan menyebabkan timbal pada kertas berpindah ke makanan.

Lalu seperti apa kertas yang baik untuk membungkus makanan?

Kertas yang baik untuk membungkus makanan adalah yang memiliki kategori food grade aman untuk digunakan, karena sudah terbukti menggunakan serat alami. Ciri dari kemasan food grade ini adalah berwarna putih, tidak memiliki bintik hitam, bebas dari kandungan bakteri dan senyawa berbahaya seperti benzene dan styrene (bahan baku pembuatan Styrofoam). Selain itu juga memiliki sifat yang ramah lingkungan dan mudah mengurai.

Oiya ada juga alat ukur kadar air kertas

Gunakan kemasan food grade utuk membungkus makanan anda. Kemasan food grade terbuat dari bahan yang alami, dan sudah teruji.

Incoming search terms:

  • bahan yg digunakan untuk membungkus makanan
  • ciri ciri kertas yg baik untuk bungkus makanan
  • kertas minyak sering digunakan untuk membungkus makanan memiliki sifat
  • kertas yang meresap minyak adalah
  • kertas yang sesuai untuk membungkus makanan
  • kertas yg sering d gunakan pembungkus makanan
  • pembungkus makanan simple