Manfaat Madu Untuk Anak

Manfaat Madu Untuk Anak – Sudah sejak lama madu dipercaya umat manusia mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. Bahkan para atlit jaman Yunani kuno sudah mengkonsumsi madu ketika akan berolah raga untuk menjaga daya tahan tubuh dan energinya lebih optimal.

Manfaat Madu Untuk Anak

Selain digunakan untuk asupan makanan tubuh, madu juga digunakan sebagai perawatan kecantikan yang sudah terbukti manfaatnya. Madu juga merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi untuk segala umur mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua.

Walaupun madu ini merupakan makanan yang aman, namun untuk anak dengan usia di bawah 1 tahun dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi madu. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan anak usia di bawah 1 tahun masih belum sempurna sehingga bila mengkonsumsi madu akan berpotensi menimbulkan alergi.

Manfaat Madu untuk Anak

Akan tetapi untuk anak dengan usia di atas 1 tahun maka mengkonsumsi madu akan memberikan manfaat yang baik, apa sajakah manfaat tersebut mari kita bahas beberapa manfaat tersebut :

1. Meredakan Batuk
Anak – anak yang terserang batuk pastilah akan rewel, hal ini karena anak – anak merasa tidak nyaman dengan kondisi yang sedang dialaminya. Bila Anda takut untuk memberikan obat kimia maka Anda dapat menggunakan madu sebagai obat alami untuk mengobati batuk yang sedang dialami anak.

Berikan madu ini pada anak yang terkena batuk sebanyak satu sendok makan sebelum tidur secara rutin hingga sembuh. Anda juga tidak perlu khawatir karena kandungan gula dalam madu tidak akan memperparah batuk, hal ini karena kandungan gula dalam madu merupakan gula alami yang tidak akan memberikan efek samping seperti gula biasa. Kandungan gula alami ini malah akan membantu membersihkan sistem pernafasannya dari infeksi atau dahak yang menyebabkan batuk.

2. Menunjang Pertumbuhan
Dalam masa-masa awal pertumbuhannya, anak – anak tentu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih. Hal ini karena sel-sel dan organ-organ tubuh utama berkembang secara pesat guna menyiapkan untuk tahap pertumbuhan selanjutnya yaitu masa dewasa. Dengan rutin meminum madu maka pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuhnya akan lebih optimal. Berikan anak Anda madu alami setidaknya 1 sendok makan setiap hari guna memaksimalkan proses tumbuh kembangnya.

3. Sumber Energi
Madu mengandung fruktosa yang merupakan pemanis alami yang dibutuhkan tubuh anak sebagai sumber energi. Masa pertumbuhan anak – anak merupakan masa yang aktif dimana mereka membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas. Hal ini ditandai dengan anak – anak pada masa pertumbuhannya pasti akan banyak bergerak yang tentunya membutuhkan banyak energi selain dari konsumsi makanan sehari-hari. Dengan rutin mengkonsumsi madu juga akan membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh anak.

4. Sumber Vitamin Lengkap
Kandungan madu seperti vitamin B1, B2, B3, D, K, E, B5, asam nikotinat dan urin acid merupakan zat – zat yang sangat dibutuhkan anak – anak pada masa pertumbuhannya. Madu ini mempunyai manfaat yaitu proses penyerapan vitamin-vitamin ini ke dalam tubuh yang cukup memerlukan waktu sekitar satu jam, hal ini berbeda dengan kandungan vitamin dari sumber makanan lain yang membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu setelah meminum madu kita akan lebih cepat merasa bugar dan kenyang.

Mengingat pentingnya madu untuk kesehatan maupun kecerdasan anak, maka konsumsilah madu murni dengan rutin dan rasakan manfaatnya. Apabila Anda ragu dengan madu yang Anda konsumsi, bisa anda cek kadar air madunya karena salah satu ciri madu asli bisa dilihat dari kadar air dan tingkat kekentalannya.

Terkadang juga ada yang mencampurkannya madu dengan kayu manis, jeruk nipis, ataupun jahe merah.