Memilih Biji Kopi Yang Baik

Memilih Biji Kopi Yang BaikKopi merupakan minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi yang telah diolah dan diekstrak untuk kemudian dihaluskan. Lebih dari 50 negara di dunia yang membudidayakan tanaman kopi, dan ini menjadi komoditas yang menjanjikan. Pohon kopi sendiri secara umum mempunyai 2 varietas yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Memilih Biji Kopi Yang Baik

Sebelum bisa diminum, kopi telah melewati proses yang panjang mulai dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik secara otomatis menggunakan mesin ataupun manual. Kemudian biji kopi ini diproses dengan cara dikeringkan sebelum menjadi kopi gelondong.

Selanjutnya biji kopi akan disaring dengan tingkat atau derajat yang bervariasi. Proses terakhir adalah biji kopi ini digiling hingga siap diseduh. Sejauh yang dicatat sejarah, penemuan kopi yang digunakan sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika.

Sejak saat itu kopi telah berkembang hingga penjuru dunia dan telah menjadi minuman yang paling populer di dunia. Menurut perkiraan, Indonesia sudah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi setiap tahunnya. Kopi memiliki manfaat menurunkan risiko terkena penyakit seperti kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung selain dari aromanya yang nikmat.

Bagaimana cara memilih biji kopi yang baik?

Penjual kopi sekarang dapat kita temui dengan mudah baik secara online maupun offline. Penjual kopi ini tidak hanya menjual kopi dalam bentuk bubuk namun juga menjual kopi dalam bentuk yang masih biji. Membeli kopi yang masih berbentuk biji memiliki keunggulan yaitu aroma yang lebih awet dan kuat serta biasanya kualitasnya yang akan lebih unggul.

Namun banyak pembeli kopi yang masih belum tau kualitas biji kopi yang baik yang akan dibeli. Sebelum anda membeli biji kopi ada baiknya anda membaca ulasan ini terlebih dahulu, berikut cara memilih biji kopi yang baik :

1. Tanggal Berapa Proses Sangrainya.
Sebelum anda membeli biji kopi pastikan dahulu bahwa anda harus mengetahui kapan / tanggal berapa biji kopi ini disangrai. Ini akan menentukan apakah biji kopi masih dalam keadaan fresh atau tidak. Apabila masih dalam keadaan fresh tentu kualitasnya juga akan baik.

2. Mencium Aroma Biji Kopi
Cara selanjutnya adalah Anda dapat mencium biji kopi terlebih dahulu sebeblum dibeli. Cara ini digunakan untuk menentukan apakah biji kopi dalam kualitas yang baik atau biasa-biasa saja. Apabila biji kopi memiliki bau yang kuat maka dapat dipastikan biji kopi tersebut memiliki kualitas yang baik. Sedangkan biji kopi yang berkualitas yang kurang baik maka tidak atau kurang tercium bau wanginya.

3. Belilah Dengan Jumlah Yang Tidak Terlalu Banyak Terlebih Dulu
Apabila anda menemukan biji kopi yang baru, maka lebih baik Anda tidak membelinya secara berlebihan terlebih dahulu. Lebih baik Anda membelinya dalam jumlah kecil atau secukupnya saja. Jika memang Anda cocok dengan biji kopi jenis baru tersebut maka Anda dapat membelinya dengan jumlah yang lebih banyak.

4. Memahami Kualitas Biji Kopi
Agar kita mengetahui kualitas biji kopi yang akan Anda beli ada baiknya Anda mencari tau lebih dulu mengenai informasi tentang biji kopi tersebut. Selain itu, Anda dapat bertanya kepada teman-teman yang lebih tau soal biji kopi, dengan begitu Anda dapat lebih mantap dalam membeli biji kopi. Selain itu ada juga forum online yang membahas tentang kopi yang Anda dapat bergabung dan bertanya-tanya.

5. Bandingkan Sebuah Biji Kopi Dengan Biji Kopi Lain
Meskipun anda telah mencoba dan merasa cocok dengan salah satu jenis kopi tertentu, kami disarankan untuk tetap bereksperimen dengan membandingkan atau mencoba dengan jenis biji kopi yang berbeda.

Hal ini akan dapat menambah wawasan Anda, hal ini akan menambah tingkat kepekaan Anda pula mengenai biji kopi / kopi dengan kualitas baik, sedang dan yang kurang baik. Untuk lebih memastikan biji kopi yang anda beli berkualitas bagus maka belilah dari agen kopi yang terpercaya. Dengan begitu Anda dapat lebih yakin dalam mengkonsumsi kopi tersebut.

Dalam pemilihan biji kopi, pertimbangkan juga kadar air pada biji kopi tersebut. Kini sudah ada alat tester kadar air yang dapat digunakan untuk mengukur kadar air pada bijian seperti kopi dan biji lainya.