Mengapa Kayu Mudah Lapuk

Mengapa Kayu Mudah Lapuk – kayu adalah salah satu benda yang berasal dari sebuah pohon besar, yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. Salah satu manfaat kayu didalam kehidupan adalah sebagai pondasi bangunan atau untuk membuat furniture rumah, selain itu kayu dapat digunakan untuk membuat bahan baku kertas.

http://www.azoth-diag.fr/userfiles/image/termites%20(2).jpg
Mengapa kayu mudah lapuk

Sebenarnya pelapukan tak hanya dialami oleh kayu saja, melainkan batu yang termasuk benda keras dapat mengalami pelapukan, selain itu dapat terjadi pula pada besi dan juga benda benda lainnya.

Berikut ini adalah factor yang menyebabkan benda mengalami pelapukan :

  1. Factor makhluk hidup, factor ini sering disebut dengan factor biologi atau factor organic.
  2. Factor alam, disebut juga dengan factor fisika atau factor mekanik.

Untuk penyebab pelapukan yang paling sering dialami kayu adalah karena adanya rayap pada kayu. Rayap tersebut akan membuat lubang kecil pada kayu, hal ini menyebabkan kayu menjadi berlubang dan dapat keropos karena tidak kuat untuk menopang dan karena bagian dalamnya berongga. Selain itu, terdapat bubuk yang dihasilkan oleh rayap tersebut dan mengakibatkan sekitar menjadi kotor.

Beberapa hewan berikut adalah perusuh utama menghancurkan kayu :

  1. Serangga berupa kumbang

Kumbang ini terdapat dua jenis. Yang pertama adalah kumbang pengebor, kumbang ini biasanya mengebor menggunakan moncongnya. Sedangkan, kumbang kedua adalah kumbang bubuk, kumbang ini sering mengeluarkan butiran halus yang keluar dari lubang dalam kayu.

Kedua kumbang tersebut sering menggerogoti kayu yang masih muda dan belum seharusnya untuk ditebang. Untuk mengatasi kumbang ini, dapat menggunakan sebuah bahan racun yang biasanya juga tersedia di toko, dengan menyemprotkan atau menggosokkan dengan kuas.

  1. Rayap

Siapa yang tidak mengetahui rayap. Hewan kecil yang suka dengan kayu ini bekerja 24 jam non stop setiap harinya, hewan ini yang paling banyak dalam merusak kayu. Biasanya rayap akan bekerja di setiap kayu yang ada, baik kayu yang muda ataupun kayu yang sudah kering.

Bila melihat ada gundukan tanah menjalar di sekitar kayu, maka cepatlah untuk membuangnya, dan semprotkan cairan racun.

Untuk menghindarkan agar kayu tidak dijamah oleh rayap atau serangga lainnya, maka dapat dipraktekan menggunakan campuran oli dengan solar. Caranya adalah dengan menyampurkan dua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1, lalu oleskan pada kayu secara merata cara ini sebaiknya dilakukan ketika kayu masih basah.

Selanjutnya keringkan kayu, untuk hasil optimal gunakan Wood Moisture Meter -> Alat Ukur Kadar Air kayu untuk mengukur kelembaban kayu. Setelah kering oleskan kembali campuran tersebut, namun dengan perbandingan 1:2.