Mengatasi Mesin Cuci yang Bergetar

Mesin cuci yang bergetar terkadang membuat orang yang mendengarkannya merasa terganggu. Tidak hanya terganggu, namun apabila mesin cuci bergetar terlampau keras maka mesin cuci Anda semakin cepat rusak. Sebelum itu terjadi maka lebih baik diatasi terlebih dahulu agar mesin cuci kembali normal.

Mengatasi Mesin Cuci yang Bergetar

Tidak semua orang bisa dan tau bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang bergetar keras. Namun, penyebab utama dari mesin cuci yang bergetar keras ini adalah benda-benda yang terbawa masuk ke dalam drum, misalnya koin, paku dan benda lainya. Selain itu penyebabnya juga dari komponen atau part yang sudah aus maupun perlu penggantian.

Sudah kita ketahui bersama bahwa cara kerja mesin cuci ini memutar pakaian agar bersih. Namun pada mesin cuci yang sudah berumur rentan terhadap putaran saat sedang digunakan untuk mencuci. Putaran tersebut seringkali membuat getaran yang terlampau kencang.

Jika mesin cuci Anda merupakan mesin cuci yang telah berumur, maka hal ini dapat dikatakan wajar, karena komponen mesin cuci sudah mulai aus dan berkarat. Selain itu juga biasanya karena terlalu sering mencuci dan mengeringkan pakaian dalam jumlah yang melebihi batas (berlebih).

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bergetar Terlalu Keras

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah meletakan mesin cuci pada tempat yang datar. Untuk memastikannya, goyangkan bodi mesin cuci dan pastikan posisinya tidak bergoyang. Selain itu coba nyalakan mesin cuci dengan mode spin kemudian cek apakah mesin cuci Anda bergetar keras atau berbunyi keras.

Apabila mesin masih bergetar, Anda bisa mematikan mesin tersebut dan mencari tau darimana sumber bungi getar dan bunyi kletek-kletek. Coba Anda cek bagian tabung dari mesin cuci dan coba digoyangkan apakah goyang atau tidak.

Jika tabung bagian dalam goyang, maka bisa diatasi dengan melepas tabung dan mengganti laker yang bermasalah.

Masalah lain yang biasanya terjadi adalah masalah per pada tabung. Jika dalam pengecekan tadi tidak ditemukan pada tabung, bisa jadi hal itu karena per yang sudah tidak bisa naik turun dengan luwes dan empuk. Untuk mengujinya silahkan Anda tekan-tekan tabung bagian dalam apakah mau ngeper atau tidak.

Jika ditemukan adanya per atu sok yang mati maka mau tidak mau Anda harus membongkar mesin cuci Anda. Lepas secara bertahap satu-satu dan periksa apakah bagian tersebut masih berfungsi dengan baik, atau bahkan sudah ada yang berkarat.

Jika per terasa seret bisa diatasi dengan melumasinya dengan oli.

Oli yang digunakan adalah jenis oli rem. Cara menggunakannya adalah dengan melumuri per dan as beserta selongsongnya sambil ditekan-tekan agar per menjadi empuk kembali dan berfungsi dengan baik.

Pada mesin cuci, terdapat lebih dari satu per, jadi lakukan satu-persatu dan pastikan per berfungsi dengan normal kembali. Jika suah, pasang kembali mesin cuci Anda dan silahkan dicoba semoga mesin cuci Anda kembali normal tanpa bergetar secara berlebihan yang menimbulkan suara bising.

Dalam dunia industri sebenarnya sudah dilakukan uji getaran mesin dengan alat ukur getaran yang bernama vibration meter untuk memastikan mesin bergetar dalam standar yang sudah ditentukan, namun karena pemakaian maka cepat atau lambat mesin cuci Anda pasti akan bergetar semakin kencang karena mempunyai mesin cuci tentu membutuhkan perawatan.

Lakukanlah secara hati-hati bagi Anda yang baru pertama kali membongkar mesin cuci.

Incoming search terms:

  • atasi mesin cuci getar
  • Bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang bergetar keras karena per atau sok nya sudah mati?