Menyejukkan Kamar Tanpa Menggunakan AC

Kamar yang panas merupakan hal yang dibenci oleh orang yang tinggal didalamnya, namun bukan dengan marah cara mengatasinya namun Anda perlu mencoba cara menyejukan kamar tanpa menggunakan AC. Cara ini bisa Anda terapkan di kamar Anda yang terasa panas.

Menyejukkan Kamar Tanpa Menggunakan AC

Kamar yang seharusnya tempat untuk beristirahat haruslah nyaman dan sejuk, hal ini dikarenakan untuk beristirhat dengan optimal dibutuhkan suasana ruangan kamar yang mendukung. Biasanya orang cenderung hanya mengetahui penyebab kamar yang panas adalah pemanasan global.

Sebenarnya bukan saja akibat dari pemanasan global, namun bagaimana Anda menyiasatinya karena lokasi jendela kamar serta lobang ventilasi turut menyumbang menjadikan kamar Anda terasa panas.

Anda beragam pro dan kontra jika Anda ingin memasang pendingin ruangan, sebut saja AC, dimulai dari harga yang mahal sampai dari segi kesehatan. Namun kali ini Anda bisa menyejukan ruangan kamar Anda tanpa AC.

Inilah cara yang bisa Anda gunakan untuk menyejukkan kamar tanpa menggunakan AC :

1. Pilih warna yang tepat

Warna yang tepat juga turut menyumbang efek untuk memberi efek sejuk kamar Anda. Pilihlah warna yang tepat, Anda bisa memilih warna putih, hijau muda atau biru karena warna-warna tersebut dapat memberikan perasaan tenang dan sejuk bagi orang yang melihat ataupun bagi orang yang menempati kamar tersebut.

2. Ventilasi

Jangan anggap spele masalah ventilasi, karen dibutuhkan pemilihan ventilasi yang tepat agar udara masuk dan keluar dapat berjalan dengan lancar. Pilihlah ventilasi model silang karena udara akan mengalir dari dalam ke luar ataupun sebaliknya.

3. Jangan meletakkan barang terlalu banyak di dalam kamar

Kurangi perabotan kamar yang tidak terlalu penting atau tidak lagi digunakan, hal ini karena akan menambah kesan sumpek pada kamar sehingga menambah rasa panas dalam ruangan kamar Anda.

4. Jendela yang tepat

Selain ventilasi, jendela juga memiliki peranan penting karena jendela akan memberikan kesejukan. Namun tidak hanya memberikan kesejukan, jendela kamar juga dapat menyebabkan kamar lebih panas karena jalan masuknya sinar matahari terlalu luas. Gunakanlah tirai yang tepat agar dapat menangkal sinar matahari.

5. Matikan lampu atau gunakan lampu dengan watt kecil

Selain dari sinar matahari, lampu juga turut menyumbang menambah panas suhu kamar Anda, karena lampu yang dihidupkan terus-menerus akan mengeluarkan panas yang dapat membuat kamar Anda terasa lebih panas. Jika Anda tidak bisa tidur dengan kondisi gelap, maka solusinya gunaknlah lampu dengan daya watt yang kecil.

6. Maksimalkan penggunaan kipas angin

Sebagai solusi tanpa pendingin ruangan, Anda bisa menggunakn kipas angin secara optimal. Kipas juga tidak boleh diarahkan langsung ke tubuh karena hal ini hanya bersifat mendinginkan sesaat. Gunakanlah kipas untuk membuat kamar lebih sejuk dengan mengarahkan kipas ke arah dinding yang berlawanan dengan Anda.

7. Letakkan tanaman di dalam kamar

Anda bisa mencoba meletakan tanaman di dalam kamar Anda, selain menambah estetika, tanaman juga dapat memberikan kesejukan. Pemilihan tanaman pun diseuaikan dengan kondisi kamar Anda. Biasanya orang-orang menggunakan tanaman dengan pot kecil.

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman mengeluarkan oksigen pada siang hari, jadi akan membuat kamar Anda lebih sejuk. Namun pada menjelang malam hari keluarkanlah tanaman-tanaman tersebut karena tanaman mengeluarkan karbon dioksida pada malam hari.

Anda juga bisa menambahkan termometer ruangan untuk mengetahui suhu ruangan, karena saat ini sudah banyak jenis temometer digital yang digunakan untuk mengetahui suhu ruangan, termasuk kamar.

Incoming search terms:

  • cara menyejukan suhu kamar