Penanaman Jagung

Penanaman Jagung – jagung adalah sebuah tanaman yang termasuk kedalam jenis sayur. Namun dahulu hingga sekarang jagung dikonsumsi sebagai panganan pokok penghasil karbohidrat.

Penanaman Jagung
Penanaman Jagung

Proses penanaman jagung relative mudah, hanya cukup memanfaatkan media tanah yang ada di sekitar rumah. Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika akan menanam jagung, diantaranya sebagai berikut :

  1. Persiapkan tanah yang cocok, yaitu yang tidak kering dan tidak pula lengket atau terlalu basah, hanya perlu mencari tanah yang lembab. Gemburkan dalam kedalaman sekirar 15 -20 cm menggunakan alat bajak tanah, atau dapat menggunakan cangkul.
  2. Jarak antar tanaman diusahakan renggang dan teratur agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Biasanya lubang jagung memiliki kedalaman 3 – 5 cm menggunakan tugal, dalam satu lubang jagung terdapat 2 – 3 biji jagung.
  3. Pemupukan yang sesuai. Dalam masalah pertanian biasanya unsur hara yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman adalah unsur Nitrogern (N), Fosfor (P), serta kalium (K). nitrogen adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan tanaman jagung tersebut. Sedangkan fosfor dibutuhkan saat tanaman jagung masih muda. Kalium diperlukan oleh tanaman jagung saat sudah tumbuh setinggi lutut.
  4. Jika jagung sudah berusia satu minggu biasanya akan dilakukan penyulaman. Langkah selanjutnya adalah penjarahan yang dilakukan pada saat jagung berusia 2 sampai 3 minggu. Jika dalam pertumbuhan jagung memiliki batang yang tegak itu berarti sebuah penanaman akan berhasil.

Potong daun pada masa jagung dalam pemasakan dapat dilakukan karena pada saat itu biji jagung telah terisi penuh.

  1. Pengairan yang teratur. Saat usia jagung masih muda tidak dibutuhkan banyak air, namun saat tanaman sudah berbunga harus diperhatikan cara pemberian air pada tanaman, karena pada usia tersebut tanaman jagung membutuhkan banyak air.

Hal yang dapat dilakukan untuk mempermudah adalah dengan memanfaatkan hujan, namun datangnya hujan saat ini tidak menentu. Jadi, buat parit disela sela tanaman dapat dilakukan.

  1. Hal yang paling membuat petani geram adalah karena datangnya hama. Hama sering di basmi menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya, namun hal ini dapat menjadikan hasil panen yang kurang bagus.
  2. Pemanenan dapat dilakukan ketika umur jagung sudah sekitar tujuh minggu dari saat berbunga.
  3. Setelah pemanenan jagung dapat di jemur selama 3-4 hari lamanya. Kadar air yang terdapat pada jagung yang kering biasanya berkisar sekitar 12%. Untuk mengukur kadar air bijian dapat menggunakan alat Grain Moisture Meter.

Incoming search terms:

  • jagung