Pengertian Brainware

Pengertian Brainware dan Komponennya – Komputer merupakan peralatan elektronik yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari manusia. Komputer terdiri dari tiga elemen yang saling berhubungan, yaitu hardware, software, dan brainware.

Pengertian Brainware

Hardware merupakan elemen dari komputer yang memiliki bentuk fisik seperti monitor, keyboard, CPU, mouse, dan lain-lain. Sedangkan, software merupakan elemen dari komputer yang berupa perangkat lunak, sistem operasi, atau program yang ditanam di dalam komputer untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Namun, hardware dan software komputer tidak akan berguna jika tidak ada brainware. Pengertian brainware secara umum adalah perangkat manusia pengguna komputer.

Berdasarkan pengertian brainware, maka manusia pengguna komputer bertugas
untuk mengoptimalkan fungsi dari hardware dan software. Manusia pengguna
komputer tersebut harus memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengoperasi hardware dan software sehingga komputer bisa menjalankan fungsinya dalam meringankan pekerjaan manusia.

Pembagian Komponen Brainware

Menurut pengertian brainware yang menyatakan bahwa brainware adalah pengguna komputer, maka brainware harus mengenal dengan baik hardware dan software komputer.

Tetapi, dikarenakan hardware dan software merupakan elemen yang kompleks di dalam komputer, brainware tidak bisa memahami semua elemen tersebut secara mendalam.

Brainware terbagi menjadi beberapa komponen yang bertugas untuk mengelola dan mengoperasikan masing-masing elemen komputer. Di bawah ini adalah pembagian komponen brainware yang perlu diketahui.

Analis
Salah satu komponen penting dari brainware adalah analis. Pengertian brainware
analyst adalah orang yang bertugas untuk memahami kemampuan dan fungsi dari
masing-masing elemen komputer.

Dengan pemahamannya tentang hardware dan software, seorang analis brainware diharapkan mampu mengidentifikasi masalah yang terjadi di dalam hardware dan software komputer serta menemukan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Analis Sistem
Salah satu komponen brainware yang fungsinya penting adalah analis sistem. Analis sistem adalah orang yang bertanggung jawab terhadap sistem kerja atau software komputer. Analis sistem harus memiliki kemampuan mengidentifikasi perangkat lunak apa yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja perangkat komputer.

Tidak hanya itu saja, analis sistem harus bisa merencanakan dan merekomendasikan perangkat lunak terbaik yang bisa mengoptimalkan kinerja komputer. Pekerjaan lain dari analis sistem adalah mengembangkan sistem tersebut menjadi sistem yang paling mutakhir. Sehingga, sistem analis harus memiliki kemampuan analisis dan komunikasi yang baik.

Programmer
Programmer memegang peranan penting dalam perangkat komputer. Pengertian
brainware programmer adalah orang dengan kemampuan untuk menguasai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sendiri merupakan bahasa khusus yang digunakan untuk mengendalikan serta mengembangkan sistem operasi komputer.

Seorang programmer setidaknya menguasai tiga bahasa pemrograman dasar yaitu Java, Pascal, dan C. Secara singkat, programmer adalah orang yang menyiapkan program atau perangkat lunak komputer sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer.

Konsultan
Hardware dan software komputer yang paling mutakhir tidak akan sempurna jika tidak ada campur tangan konsultan brainware. Konsultan adalah orang yang berperan sebagai penasihat hardware dan software komputer yang akan dirancang.

Konsultan harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap hardware dan software. Konsultan harus memiliki kemampuan interpersonal atau komunikasi yang baik. Sehingga, dalam menyampaikan saran atau rekomendasi terkait perangkat komputer bisa dilakukan dengan efektif.

Trainer
Kemampuan brainware yang handal dalam mengoperasikan hardware dan software tidak bisa dipisahkan dari peran trainer atau pelatih. Trainer memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendidik pengguna komputer.

Sehingga, sudah menjadi kewajibanbagi trainer brainware memiliki pengetahuan mendalam tentang hardware dan software komputer.

Pengelola Database
Salah satu fungsi dari komputer adalah sebagai tempat penyimpanan data digital.
Sehingga, brainware memiliki komponen penting yang disebut dengan pengelola
database.

Peran pengelola database sangatlah penting dalam urusan penyimpanan data yang dimiliki oleh suatu program komputer, organisasi, dan lain sebagainya. Pengelola database haruslah orang yang bertanggung jawab dan bisa menjaga kerahasiaan dari data-data yang dikelola.

Pengelola database harus memiliki kemampuan yang baik tentang cara mengamankan data digital agar tidak dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pengelola database harus memiliki kepekaan terkait masalah yang terjadi dalam sistem penyimpanan.

Selain itu, pengelola database harus bertindak cepat dalam menemukan solusi untuk masalah penyimpanan data.

Spesialis Jaringan
Spesialis jaringan adalah komponen dari brainware yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola suatu jaringan komputer. Jaringan komputer sendiri merupakan perangkat komputer dalam jumlah banyak yang saling terhubung di bawah kendali suatu server.

Contoh dari jaringan komputer bisa ditemukan di perusahaan-perusahaan. Tugas dari spesialis jaringan adalah untuk mengelola jaringan komputer agar berfungsi dengan maksimal.

Spesialis jaringan harus bisa menganalisa masalah yang terjadi di dalam suatu jaringan. Selain itu, spesialis jaringan harus tanggap dan cekatan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada jaringan komputer.

Manajer Proyek
Manajer proyek adalah komponen brainware yang bertindak sebagai pemimpin. Tugas dari manajer proyek adalah mengawasi kinerja dari komponen brainware yang lain seperti analis, programmer, konsultan, spesialis jaringan, dan semua pihak yang terkait.