Pilih Jasa SEO atau Jasa Backlink?

Mungkin Anda sempat berfikir saat membaca tulisan di dunia maya (internet) ada yang membuka jasa SEO VS jasa backlink, terus apa bedanya? Jasa SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan oleh penyedia Jasa SEO untuk mengoptimalkan keberadaan situs Anda di mesin mencari, dimana hasil akhir yang diharapkan adalah berada di peringkat atas halaman pertama google.

Sedangkan jasa backlink merupakan jasa optimasi dari segi Off Page, dimana si penyedia jasa ini akan melakukan optimasi dengan cara menanam atau memberikan backlink kepada situs Anda. Penjelasan dan perbedaan Jasa SEO VS Jasa Backlink Akan dibahas lebih lanjut di bawah.

SEO menurut Bang Ben – Pakar SEO Purwokerto

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO dalam benak orang adalah berada di urutan teratas pada mesin pencari google. Namun, lebih jauh dari itu SEO merupakan sekumpulan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi standar kualitas dari mesin pencari, agar halaman web kita dapat meraih ranking pertama di hasil pencarian dengan mengalahkan semua pesaing pada suatu kata kunci (keyword) tertentu.

Baca Juga : Gaji Karyawan Ahli SEO di Indonesia

Perbedaan Jasa SEO VS Jasa Backlink

Perbedaan jika dilihat dari segi tanggung jawab, harga, hasil akhir, report

Dari segi tanggung jawab

Jasa SEO bertanggung jawab penuh kepada hasil akhir dari proses pengoptimalan suatu situs (website / blog) dengan naiknya keyword tertentu pada halaman pencarian google. Jasa SEO ini bertanggung jawab untuk mengawal proses optimasi hingga pejawan (halaman pertama google). Sebenarnya tujuan optimasi SEO ini diharapkan berada pada posisi ranking #1 di halaman pertama google namun perlu diketahui bahwa tidak ada yang menjamin seperti itu saat ini.

Kebanyakan jasa SEO hanya memberikan garansi halaman pertama ntah itu di posisi berapa, halaman pertama ini punya slot 1-10. Ada juga jasa SEO yang menggaransi sampai TOP 5 atau TOP 3 di halaman pertama google.

Jasa backlink  hanya bertanggung jawab memproses pemberian atau penanaman backlink kepada situs tertentu dengan keyword tertentu namun tidak sampai bertanggung jawab dengan munculnya keyword yang dioptimasi dihalaman pertama google. Sebut saja tidak berurusan apakah situs yang diacklink menjadi pejwan atau tidak setelah proses jasa backlink telah dilakukan.

Namun ada juga jasa backlink yang mengklaim atau menggaransi apabila posisi keyword tidak berubah (meningkat) maka akan diberikan uang kembali dengan kesepakatan tertentu kepada si pemesan jasa backlink tersebut.

Dari segi harga

Jasa SEO berlipat-lipat lebih mahal biasanya harga ini dipatok per keyword atau per bulan. Contoh sistem perhitungan jasa SEO

Per Keyword : 2 juta/bulan

Keyword : 1 keyword utama dan turunannya

Optimasi : 3 bulan

Harga Total : 2 juta*3 = 6 juta

Harga ini biasanya tidak langsung dibayar dimuka, namun diperlukan DP untuk tanda jadi, dan sisanya dibayarkan setelah selesai

Jasa backlink ini mempunyai harga yang murah dan beragam mulai dari ratusan ribu hingga 1jutaan. Contoh sistem perhitungan jasa backlink

Harga : 500rb

Optimasi : 1-2 minggu

Keyword : 1 keyword utama dan 3 keyword turunan

Nah itulah mengenai perbedaan Jasa SEO VS Jasa Backlink apabila dilihat dari sisi tanggung jawab dan harga. Bagi Anda yang punya website atau blog tentu akan lebih baik lagi apabila mendalami dan mempelajari ilmu SEO dan ilmu digital marketing lainya yang dibutuhkan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Ada yang ingin ditanyakan ?

Rekomendasi Kursus / Belajar SEO Online dari Ebook, Video, PDF + Group Support

Incoming search terms:

  • pengalaman kursus di saungseo