Ragam Manfaat Mentega Bagi Kesehatan

Ragam Manfaat Mentega Bagi Kesehatan – Mentega merupakan olahan susu yang biasanya akan digunakan untuk mencampuri bahan makanan. Mentega memiliki tekstur yang lembut, dan dapat digunakan sebagai pengganti minyak.

Ragam Manfaat Mentega Bagi Kesehatan
Ragam Manfaat Mentega Bagi Kesehatan

Mentega dibuat menggunakan bagian terluar susu yang didiamkan selama beberapa hari. Bagian atas akan terpisah dengan skim yang ada dibawahnya. Biasanya susu akan dicek pH atau derajat keasamannya menggunakan alat ukur ph meter khusus untuk susu. Untuk mengetahui berapa kadar asam yang terdapat dalam susu, apakah baik untuk mentega atau tidak.

Krim susu akan dibuat menjadi mentega dengan cara mengaduknya dengan pengaduk mentega hingga krim susu berubah menjadi padatan mentega. Setelah melakukan pengadukan hingga susu berbentuk padatan, selanjutnya akan dicetak sesuai dengan selera dan ukurannya.

Banyak yang mengonsumsi mentaga, entah untuk memasah atau campuran roti. Ternyata banyak kandungan dalam mentega yang memiliki beragam manfaat yang terkandung mentega. Diantara manfaatnya ada dibawah ini :

  1. Sumber Antioksidan

Dalam mentega terdapat kandungan yang dapat membantu mencegah radikal bebas, kandungan tersebut adalah antioksidan. Selain itu, konsumsi mentega dapat membantu menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, mentega juga dapat mencegah melemahnya arteri dan saraf.

  1. Kaya vitamin K

Kandungan vitamin K pada mentega dapat membantu pencegahan osteoporosis dan arthritis. Kandungan vitamin K dapat membantu menjaga kepadatan tulang serta dapat mengatasi nyeri sendi pada wanita dan menguatkan otot.

  1. Menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan mencegah kanker.

Kandungan antioksidan dalam mentega dapat mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, dan bertumbuhnya sel kanker. Dengan mengonsumsi mentega yang membunyai kandungan antioksidan dapat mencegah resiko tersebut.

Selain itu, senyawa lecithin dapat mengurangi produksi kolesterol dalam darah. Sehingga kadar kolesterol akan tetap terjaga.

  1. Mencegah infeksi jamur

Infeksi jamur dapat disembuhkan dan dicegah dengan mengonsumsi mentega.

  1. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A terdapat dalam mentega. Jadi, mentega dapat menyehatkan mata. Selain itu, juga dapat mencegah tiroid dan terjadinya ketidakseimbangan hormone.

  1. Menjaga pencernaan

Kandungan asam lemak dalam mentega membantu melancarkan pencernaan.

  1. Mencegah berbagai penyakit

Penyakit berbahaya dapat dicegah dengan mengonsumsi mentega. Selain itu, mentega juga bermanfaat untuk membantu kerja otak pada anak anak.

Incoming search terms:

  • kandungan antioksidan di mentega