Standar Mutu Cengkeh Terbaik

Bagi orang awam tentu sulit untuk mengetahui standar mutu cengkeh dengan kualitas terbaik, kendati susah namun bisa dilihat dari jenis dan spesifikasi cengkehnya. Jika Anda ingin mengetahui faktor-faktor yang dapat dijadikan parameter penentuan kualitas cengkeh terbaik sesuai standar mutu cengkeh Indonesia, Anda bisa melihat dari paremeter fisik berupa ukuran, bau, bahan asing, gagang cengkeh, cengkeh inferior, cengkeh rusak, kadar minyak atsiri, dan kadar airnya.

Standar Mutu Cengkeh Terbaik

Pada aktivitas penjemuran cengkeh dan proses memasukan cengkeh kedalam karung terkadang terdapat bahan-bahan yang ikut terbawa masuk, bahan-bahan inilah yang disebut dengan bahan asing. Standar cengkeh di Indonesia mempunyai kadar air tertentu, kadar air ini dapat diukur dengan alat pengukur kadar air yang bernama moisture meter.

Dengan menjaga kadar air air atau kelembaban pada tingkat tertentu akan menjaga dan mengurangi penyebab cengkeh rusak. Cengkeh rusak yang dimaksud adalah cengkeh yang berjamur dan telah diekstraksi. Sedangkan Cengkeh inferior adalah cengkeh keriput, patah, dan cengkeh yang telah dibuahi.

Standar mutu cengkeh Indonesia ini sudah ada dalam Standar Nasional Indonesia SNI 01-3392-1994 yang dite tapkan oleh Dewan Standardisasi Nasional (DSN) dari Standar Perdagangan SP-48-197 :

Spesifikasi Cengkeh yang Baik :

1. Ukuran: sama rata
2. Warna: coklat kehitaman
3. Bau: tidak apek
4. Bahan asing maksimum: 0.5-1.0 persen
5. Gagang maksimum: 1.0-5.0 persen
6. Cengkeh rusak maksimum: 0 persen
7. Kadar air maksimum: 14.0 persen
8. Cengkeh inferior maksimum: 2.0-5.0 persen
9. Kadar Atsiri maksimum: 16.0-20.0 persen

Dengan melihat standar spesifikasi cengkeh yang baik di atas, Anda bisa menguji cengkeh Anda apakah sudah sesuai dengan spesifikasi cengkeh yang baik atau belum. Mutu cengkeh di Indonesia dapat ditingkatkan dengan beberapa upaya dengan perwilayahan cengkeh Antara lain :

1.Penanaman dilakukan Pada Daerah yang Sesuai
Iklim, agar tanaman cengkeh ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dibutuhkan iklim yang panas karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari minimal 8 jam setiap harinya. Suhu yang optimal tanaman ini adalah 22-30 derajat celcius dengan tingkat kelembaban udara antara 60-80%.

Curah hujan yang baik untuk tanaman ini adalah curah hujan yang cukup merata antara 1500-4500 mm per tahun. Tanaman cengkeh ini tidak tahan terhadap kemarau panjang. Perhatikan juga angin di daerah tersebut, karena tanaman ini mempunyai tajuk tanaman yang dapat rusak apabila curah hujan terlalu kenceng.

Media tanam, untuk media tanam tidak boleh sembarangan karena pohon cengkeh ini akan tumbuh dengan optimal apabila ditanam pada tanah latosol, andosol dan podsolik merah. Tanaman cengkeh ini menyukai tanah gembur dengan drainase yang baik. Derajat keasaman (pH) yang cocok untuk tanaman cengkeh adalah 5,5-5,6. Untuk mengukur pH tanah Anda bisa menggunakan pH meter tanah. Harga pH meter tanah ini cukup murah dan mudah didapatkan di toko online.

Kedalaman tanah, kedalaman yang optimal untuk tanaman cengkeh ini pada musim hujan tidak lebih dangkal dari 3 m dari permukaan tanah dan pada musim kemarau tidak lebih dari 8 m. Tanah dengan kemiringan sampai 20% lebih baik dari tanah datar, karena drainase-nya baik.

Pada tanah tersebut harus dibuat parit drainase yang dalamnya kurang lebih 1 meter, agar air meluap pada musim hujan dapat disalurkan ke arah lain. Ketinggian optimal adalah pada 300-600 meter dpl atau terletak pada ketingginan lebih dari 900 meter dpl, dengan hamparan lahan yang menghadap laut.

2. Penggunaan Varietas Unggul
Ada beberapa jenis varietas unggul yang depat digunakan untuk memperbaiki kualitas mutu cengkeh Indonesia. Berikut ini jenis varietas cengkeh unggul, antara lain :

  • Cengkeh Putih, ciri dari cengkeh ini adalah helai daun besar dan berwarna kuning atau hijau muda. Cabang kurang rimbun, bentuk bunga besar, warna kuning dan berjumlah belasan per rumpun.
  • Cengkeh Sikotok, ciri dari cengkeh ini adalah helai daun kecil, memiliki warna hijau sampai hijau tua kehitam-hitaman dan lebih mengkilap. Cabang-cabangnya rimbun dan rendah, semua ranting tertutup daun. Bunganya berwarna kuning kemerahan, jumlah tiap rumpun antara 20-50 bunga
  • Cengkeh Zanzibar, ciri dari cengkeh ini adalah bentuk daunnya panjang ramping dan berwarna hijau gelap, bunga berwarna lebih merah dengan produksi tinggi. Cengkeh zanzibar merupakan jenis cengkeh terbaik di dunia.

Incoming Search Terms :

  • kualitas cengkeh yang bagus
  • kriteria Cengkeh berkualitas
  • jenis cengkeh unggul

Incoming search terms:

  • apa itu cengkeh AB 6-7
  • media tanam untuk cengkeh
  • spesifikasi cengkeh