Cara Memasak Susu Kambing Etawa

Cara Memasak Susu Kambing Etawa – Kambing etawa adalah jenis kambing unggulan yang berasal dari distrik Etawah di negara India. Kambing etawa juga menjadi hewan ternak yang mempunyai manfaat ganda baik di konsumsi dagingnya, susu kambing etawa juga merupakan komoditas unggulan.

Cara Memasak Susu Kambing Etawa

Susu kambing etawa merupakan salah satu minuman yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Berbagai penelitian ilmiah menunjukkan kandungan gizi yang baik untuk tubuh karena mengandung nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti fosfor, kalsium, sodium, flourin dan juga zat baik lainnya.

Akan tetapi manfaat susu kambing etawa masih minim diketahui masyarakat, sehingga produksi susu kambing yang berlebihan harus memaksa peternak kreatif dalam mengolah susu kambing. Susu kambing etawa juga tergolong unik karena setelah diperas dan terjaga kebersihannya, susu kambing dapat segera dikemas dan dibekukan atau disimpan dalam suhu rendah untuk dikonsumsi agar kandungan nutrisinya terjaga 100%.

Berbeda dengan susu sapi yang harus melewati tahap pemasakan dengan cara dipanaskan lebih dahulu, susu kambing etawa juga memiliki keunggulan dibandingkan susu sapi dalam hal kandungan fluorinenya.

Kandungan fluorine pada susu kambing jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi, namun kandungan protein susu kambing lebih rendah dibandingkan protein yang terkandung dalam susu sapi. Kandungan protein dari susu kambing sekitar 2,5% – 2,9% sedangkan kandungan protein susu sapi berkisar antara 3% – 5%.

Oleh karena itu untuk balita lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sapi dibandingkan susu kambing, namun untuk manula atau wanita pada masa menjelang manupouse ke atas lebih baik mengkonsumsi susu kambing.

Akan tetapi satu hal yang harus diperhatikan juga dari susu kambing adalah kandungan mikroorganisme perusak di dalamnya yang membuat susu kambing segar tidak dapat bertahan lama bila tidak segera diolah. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan teknologi canggih dalam mengatasi mikroorganisme perusak tersebut.

Beberapa kendala dalam pengolahan susu kambing etawa adalah masalah bau apek pada susu yang sulit dihilangkan dan juga belum 100% peternak mengetahui teknik memerah susu yang baik dan benar.

Proses pengolahan susu kambing etawa pada dasarnya cukup dengan memanaskan susu kambing pada suhu 70 derajat celcius selama 10 menit. Untuk memastikan suhu tersebut sesuai, Anda dapat mengukurnya menggunakan termometer atau alat ukur suhu khusus untuk makanan. Proses pemanasan ini bertujuan untuk membunuh bakteri perusak, perebusan ini dilakukan secara perlahan sambil diaduk untuk mencegah susu kambing pecah.

Pastikan susu kambing etawa cair murni jangan dipanaskan sampai mendidih, karena akan merusak kasein yang dikandungnya. Setelah susu kambing dipanaskan maka segera dinginkan susu agar kandungan mikroorganisme perusak dapat diminimalisir.

Setelah dipasteurisasi maka susu kambing etawa dapat disimpan selama 5 – 7 hari dalam lemari pendingin. Biasanya untuk menarik minat peminumnya, susu kambing etawa diberi perasa alami seperti kayu manis, jahe dan juga gula merah yang tidak akan merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

Selain dapat diolah dengan cara peneutrasi, susu kambing juga dapat diolah untuk dijadikan bubuk. Proses pembuatannya adalah dengan menambahkan gula pasir sebanyak 20 – 50% dari berat air susu ketika susu kambing dipanaskan dengan diaduk secara perlahan hingga susu mengental dan membentuk butiran kristal.

Kemudian butiran kristal tersebut diblender untuk menghasilkan susu kambing etawa bubuk yang dapat disimpan lebih lama yakni 3 – 4 bulan. Selain dapat dikonsumsi secara langsung dan bubuk, susu kambing etawa juga dapat diolah menjadi dodol susu kambing, kerupuk susu dan olahan pangan lainnya.

Tags: