Cara Mengatur Nafas Saat Push Up

Cara Mengatur Nafas Saat Push Up – Sebagai latihan yang sederhana namun memiliki banyak manfaat, push up menjadi pilihan banyak orang untuk dilakukan dengan tujuan untuk melatih otot, kekuatan tubuh, meningkatkan stamina ataupun hanya menjalani latihan rutin setiap harinya.

push up
Via : www.sooperboy.com

Dalam melakukan push up, seseorang tidak membutuhkan alat khusus apapun, hanya niat dan lantai yang dibutuhkan. Meski mudah dan sederhana untuk dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang melakukan push up.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah bagaiamana cara mengatur nafas yang benar saat push up. Secara umum, cara mengatur nafas merupakan elemen yang penting dalam latihan atau olahraga apapun. Hal tersebut terkait dengan bagaimana mengatur kerja sistem kardiovaskular di dalam tubuh.

Cara Nafas saat Push-Up

Cara mengatur nafas yang benar saat push up adalah ketika tubuh diturunkan tariklah nafas melalui perut atau disebut pernafasan diafragma. Saat itu, perut diisi oleh udara dan dikembungkan layaknya balon. Nah, saat tubuh dinaikkan ke posisi semula, hembuskan nafas yang tadi dikumpulkan di perut melalui mulut.

Cara Nafas saat Push-Up

Intinya, saat menjalankan latihan, bernafas merupakan suatu keharusan, karena proses pengambilan oksigen dari udara dapat membantu otot-otot dalam memecahkan penumpukan asam laktat yang bisa mengurangi kemampuan seseorang untuk menjalankan latihan lebih lama.

Dengan melakukan pernafasan yang benar berarti seseorang telah mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah yang kemungkinan akan membuat seseorang menjadi pusing, pandangan kabur dan pingsan.

Saat melakukan push up, ingat selalu untuk tetap fokus dalam menjaga posisi tubuh ketimbang menghitung sudah berapa banyak gerakan naik-turun yang dilakukan. Kemampuan seseorang dalam melakukan push up tentunya akan semakin meningkat secara bbertahap setiap kali dia melakukannya.

Cara Menambah Hitungan Push Up

Banyak orang ingin menambah jumlah hitungan push up namun mereka tidak mau mencari ataupun bertanya kepada orang yang lebih ahli dibidangnya. Secara garis besar hanya ada 3 tips untuk menambah jumlah hitungan push up, yaitu :

1. Lakukan secara rutin minimal 3-4 hari dalam seminggu? Benarkah itu cukup? Namun saya lebih menyarankan agar Anda sering melatihnya sesering mungkin kapanpun di manapun karena untuk push up sendiri mudah dilakukan dimana saja asalkan ada area untuk Anda melakukan push up.

Bisa Anda mulai dengan 10 kali push up sebanyak 3 set, yang setiap set-nya harus diisi dengan istirahat sekitar 60-90 detik. Hal yang  akan terjadi mungkin Anda akan merasakan sakit pada badan, persendian dan otot. Tapi tidak apa-apa asalkan rasa sakitnya itu wajar. Terus lakukan push up dengan rutin dan sebisa mungkin untuk menambahnya, walaupun hanya nambah 1 – 3 kali (hitungan).

2. Meskipun saya menyuruhnya untuk melakukan kapanpun dimanapun, tapi berikanlah istirahat pada tubuh Anda dua hari. Normalnya itu sudah cukup untuk memberikan istirahat pada tubuh Anda dan mendapatkan hasil yang terbaik. Setelah itu terus lakukan lagi sesering mungkin, karena apabila sudah sering dilakukan maka tubuh sudah bisa beradaptasi dengan baik.

3. Variasikan tipe push-up Anda.
Bila Anda sudah cukup merasa nyaman dan merasa ringan untuk melakukanya maka saatnya Anda mencoba variasi dari push up, yaitu Lakukan push-up berlian (diamond push-up) dan push up dengan lengan yang lebih lebar.

Anda bisa gunakan variasi ini :
untuk set pertama, push-up standar untuk set kedua, dan lakukan set ketiga dengan lengan yang sedikit melebar.

Banyak manfaat push up yang akan Anda rasakan apabila dijalankan secara konsisten dan perlahan mulai ditambah lagi jumlahnya.

Incoming search terms:

  • cara mengatur nafas push up yang benar

Tags: