Cara Merawat Merpati Balap

1 min read

Cara Merawat Merpati Balap – Burung merpati merupakan salah satu burung jinak yang mudah untuk diternakan dan dilatih. Dahulu burung ini biasa digunakan sebagai pengantar pos yang terkenal sebagai merpati pos.

Cara Merawat Merpati Balap

Dalam perkembangannya, merpati dilatih pula menjadi merpati balap. Merpati ini dilatih agar mampu terbang tinggi dan cepat dari merpati biasa. Oleh karena itu perawatan merpati balap juga berbeda dari merpati biasa.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara merawat merpati balap yang baik :

1. Berilah pakan yang bervariatif

Sama halnya seperti manusia, pemberian pakan untuk merpati balap juga harus bervariatif. Pada umumnya pakan merpati adalah biji-bijian seperti jagung, gabah, beras merah, beras putih, beras ketan, kacang hijau, kedelai, dan kacang tanah.

Namun pada umumnya jagung menjadi makanan favoritnya, selain itu jagung juga mengandung asam amino paling lengkap seperti lysine, methionine. Lysine bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, sedangkan methionine pada jagung berguna untuk pertumbuhan.

Para pelomba merpati balap biasanya menggunakan campuran gabah, beras merah, beras putih, ketan dan pakan lainnya dengan takaran 5 Kg jagung, 2 kg kacang dan 3 kg gabah dicampur menjadi satu.

Namun faktor lain yang tidak kalah penting adalah bijian yang diberikan haruslah dalam keadaan baik, tidak boleh rusak atau busuk. Bijian yang busuk biasanya karena disimpan dalam keadaan kadar air yang masih tinggi.

Oleh karena itu sebelum menyimpan bijian ada baiknya memastikan bijian tersebut sudah kering. Biasanya para petani atau pengepul akan menggunakan moisture meter atau alat ukur kadar air untuk mengukur kadar air pada bijian tersebut.

2. Pemberian Vitamin Yang Teratur

Pemberian vitamin juga perlu untuk menjaga stamina dan daya tahan merpati, kini di pasaran sudah banyak yang menjual vitamin buatan yang praktis. Namun lebih baik Anda tetap menggunakan vitamin alami walaupun lebih ribet.

Para pelomba merpati balap biasa memberikan tambahan vitamin yang berasal dari kuning telur bebek yang dicampur dengan madu. Campuran ini mempunyai dosis vitamin yang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan merpati.

3. Merawat Burung Merpati Balap Dari Segi Kebersihan Kandang

Selain faktor pakan, kebersihan kandang merpati juga merupakan hal yang penting karena akan berpengaruh terhadap kesehatan merpati. Faktanya 80% merpati yang sakit adalah karena kurang bersihnya kandang merpati.

Selain membersihkan kandang dan tempat makan maupun minum, sebaiknya Anda menyemprotkan desinfektan / vaksin / obat untuk membunuh bakteri dan kuman.

4. Merawat Burung Merpati Balap Dari Segi Latihan

Setelah burung mendapatkan pakan dan perawatan yang baik tentu faktor latihan menjadi hal yang diperhatikan. Merpati balap biasa dilatih terbang cepat mulai dari jarak 1 hingga 2 meter setelah itu dilanjutkan hingga 30 meter.

Pada awalnya Anda dapat melatihnya dengan cara menaikkan dan menurunkan burung merpati jantan di kandang merpati betina agar bertujuan sang pejantan tidak malas untuk mendekati betina.

Setelah itu Anda dapat menerbangkan sang jantan dari jarak yang dekat hingga jauh. Lakukan hingga mendapatkan kecepatan yang baik dan tidak belok – belok dalam terbangnya.

Kunci dalam melatih merpati adalah rutin, Anda harus rutin melatih merpati balap paling tidak selama 1 – 2 jam perhari. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan memang tidak ada jalan instan, selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • Cara menyimpan merpati klebetan
  • Cara Merawat Burung Dara
  • Cara merawat merpati balap
  • Cara merpati balap
  • cara mrawat dn mnjadikan doro balap
  • kandang merpati balap
  • kandang untuk merpati balap
  • tips menjaga kesehatan merpati balap

Cara Mematangkan Buah Kurma

Cara Mematangkan Buah Kurma – Kurma merupakan buah yang masih satu family dengan palmaceae yang tumbuh subur di negara Arab saudi. Pohon kurma merupakan...
akubeni1
1 min read

Ciri – Ciri Semen Berkualitas

Ciri – ciri Semen Berkualitas – Semen merupakan salah material dalam bangunan yang berguna untuk mengikat semua jenis material atau agregat untuk membuat suatu...
akubeni1
1 min read

Jenis Beton dan Kegunaannya

Jenis Beton dan Kegunaannya – Salah satu bagian bangunan yang penting adalah beton yang merupakan hasil pencampuran antara agregat dan bahan pengikat. Karena kekuatannya...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *