Ciri Air Sumur Yang Sehat

Ciri Air Sumur Yang Sehat – Air merupakan kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup termasuk manusia. Dapat dikatakan bahwa air sendiri merupakan sumber kehidupan karena dimana ada air disitu ada kehidupan.

Ciri Air Sumur Yang Sehat

Kita sendiri sebagai manusia membutuhkan air setidaknya 5 – 8 gelas perhari, bahkan sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu bila kita mengalami kekurangan air maka dapat menyebabkan ketidaknormalan fungsi organ tubuh.

Kita bisa mendapatkan air dari berbagai sumber, salah satunya adalah sumur. Sumur merupakan sumber air yang dibuat dengan menggali tanah hingga kedalaman tertentu yang dapat memunculkan air. Setiap daerah atau tempat memiliki kedalaman sumur tersendiri yang dapat memunculkan air.

Lokasi pembuatan sumur yang jauh dari pencemaran tentu akan menyediakan air berkualitas baik yang berbeda dengan sumur yang dibuat dekat dengan pencemaran.

Air sumur yang dapat kita konsumsi tentulah harus memenuhi kriteria air bersih layaknya sumber air lainnya. Masyarakat kita masih banyak yang menggunakan sumur sebagai sumber air mereka, oleh karena itu bila Anda menggunakan sumber air maka pastikan air sumur Anda memiliki kriteria sebagai berikut :

Syarat Fisik :

1. Warna : Air sumur yang layak minum haruslah tidak berwarna atau bening dan tidak keruh
2. Bau : Air sumur layak minum seharusnya tidak berbau, karena bau dapat disebabkan karena adanya pembusukan zat organik seperti bakteri dan dapat saja terjadi akibat adanya pencemaran yang ada pada lingkungan sekitarnya
3. Rasa : Air sumur yang kita gunakan juga harus memiliki rasa tawar atau tidak berasa. Pada dasarnya air murni memiliki rasa seperti itu dan bila air memiliki rasa berarti terdapat kandungan lain dalam air, dan bila air memiliki rasa getir maka air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi
4. Partikel Fisik : Air sumur yang baik juga tidak boleh terdapat berbagai partikel atau padatan yang mengapung maupun mengendap
5. Suhu : Suhu air sumur yang layak minum adalah sekitar 10 – 25 Celcius

Syarat Kimia :

1. Dari segi kimia, air sumur yang baik dan layak minum adalah yang tidak mengandung racun seperti Pb (timah), Karenanya kita tidak dianjurkan menggunakan pipa berbahan timah untuk memompa air sumur. Air sumur yang layak minum juga haruslah memiliki pH netral antara 6,5 – 7 pH. Anda dapat mengukurnya menggunakan kertas lakmus atau pH meter yang jauh lebih praktis. Toko jual pH Meter.

Syarat Bakteriologis :

1. Syarat ini berhubungan dengan kandungan mikroorganisme atau jasad renik di dalam air sumur yang kita gunakan
2. Dalam 1 cc air sumur yang kita gunakan jumlah kuman tidak boleh lebih dari 100 kuman
3. Selain itu air sumur juga tidak boleh mengandung bakteri E.Coli, bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan dan juga bakteri pathogen yang biasa terdapat dalam kotoran manusia

Tags: