Faktor Penyebab Perubahan Iklim

Faktor Penyebab Perubahan Iklim – Perubahan iklim kini merupakan ancaman yang sedang kita hadapi bersama. Hal ini tentu akan berimbas pada berbagai aspek kehidupan kita dan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa kita sebagai manusialah yang menyumbang faktor terbesar dalam perubahan iklim tersebut.

Faktor Penyebab Perubahan Iklim

Meskipun dengan adanya peralatan canggih seperti satelit pemantau cuaca dan iklim hingga alat pemantau cuaca atau weather station, namun bila kita tidak menunjukkan langkah serius dalam mengantisipasi perubahan iklim maka hal tersebut akan sia – sia saja. Perubahan iklim yang sedang terjadi kini merupakan imbas dari hal berikut yang menjadi faktor penyebab perubahan iklim :

1. Aktivitas Manusia

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa faktor terbesar dari perubahan iklim ini adalah hasil dari aktivitas manusia. Aktivitas yang mengarah kepada pengrusakan lingkungan seperti penebangan hutan, pembangun pemukiman di daerah resapan air, membuang limbah pabrik sembarangan dan sebagainya menjadi faktor utama yang menyebabkan perubahan iklim tersebut. Dengan semakin meningkatnya ketidak pedulian manusia terhadap bumi yang ditinggalinya membuat bumi semakin tidak enak ditinggali, oleh karena itu dari sisi manusia tersebut juga harus melakukan perubahan dan lebih ramah terhadap lingkungannya.

2. Pemanasan Global

Pemanasan global juga menyumbang terhadap perubahan iklim yang terjadi di bumi, dengan meningkatnya suhu rata – rata di permukaan bumi baik itu darat maupun laut maka pengaruh pemanasan global terhadap terjadinya perubahan iklim sangat signifikan. Sebagai contohnya adalah dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pemanasan global dapat meningkatkan intensitas terjadinya badai dan ini juga membuktikan bahwa anomali iklim di alam juga sering terjadi. Namun tidak dapt dipungkiri pula bahwa manusia sendirilah yang menyebabkan pemanasan global tersebut.

3. Efek Rumah Kaca

Pemanasan global yang terjadi di atas merupakan akibat dari adanya efek rumah kaca dimana peristiwa ini disebabkan karena aktivitas manusia seperti polusi dari pabrik – pabrik, polusi dari kendaraan bermotor dan juga hingga dari sektor pertanian meski sangat kecil. Dengan meningkatnya suhu permukaan bumi juga akan berdampak pada mencairnya es dan salju yang ada di daerah kutub yang menyebabkan naiknya permukaan air laut pada daerah tropis.

4. El Nino dan La Nina

El Nino merupakan sebuah proses terjadinya peningkatan suhu atau temperatur air laut di daerah Peru dan Ekuador. Hal ini akan berdampak pada terganggunya iklim secara global dan peristiwa ini umumnya terjadi dalam waktu dua sampai tujuh tahun sekali. Sedangkan La Nina merupakan kebalikan dari El Nino dimana suhu air laut pada daerah tersebut menjadi dingin dan akibatnya dapat menyebabkan peristiwa angin kencang, hujan lebat dan juga banjir didaerah – daerah sekitar Indonesia. Untuk mengetahui tentang angin, Baca Juga : Macam-macam Angin dan Penjelasannya

5. Menipisnya Lapisan Ozon

Harus kita sadari bersama bahwa kini lapisan ozon bumi juga semakin menipis, hal ini berdampak langsung terhadap perubahan iklim secara global. Hal ini menyebabkan sinar matahari yang datang ke bumi dapat langsung sampai tanpa melalui filter terlebih dahulu karena tipisnya lapisan ozon, inilah yang membuat suhu bumi terasa semakin terik.

Tags: