Jenis Biji – Bijian

1 min read

Jenis Biji – Bijian – Siapa yang tidak mengenal dengan yang namanya biji – bijian, sebuah buah yang berasal dari hasil tumbuhan yang ditanam dibeberapa daerah khususnya di Indonesia sendiri.

Biji – bijian sendiri di Indonesia sudah ada sejak dahulu dan sering digunakan untuk campuran dari berbagai masakan – masakan yang berada di daerah Indonesia itu sendiri.

Baca Juga : Fungsi Biji Pada Tumbuhan

Untuk jenisnya pun sangatlah beragam dan banyak sekali yang bisa ketahu jenis serta bentuk dan cara pemanfaatan dari biji tersebut dalam kehidupan sehari – hari kita sendiri.

1. Padi

Padi sendiri merupakan tanaman khas yang ada di Indonesia karena digunakan oleh warga masyarakat Indonesia sebagai tanaman penghasil makanan pokok masyarakat Indonesia.

Untuk pertumbuhannya sendiri berlangsung 6 bulan sekali untuk sekali panennya, dan hasil dari tanaman padi itu sendiri adalah beras yang dimanfaatkan sebagai makanan pokok orang Indonesia.

2. Jagung

Jagung merupakan tanaman berbiji yang juga banyak sekali ditanam di Indonesia, jumlahnya pun setiap tahun semakin meningkat karena masa panennya hanya berlangsung dalam 3 sampai dengan 4 bulan per tahunnya.

Baca Juga : Cara Memilih Biji Jagung Yang Baik

Dan jagung dimanfaatkan untuk dibuat makanan pokok juga sama seperti beras dan beberapa makanan khas daerah serta makanan camilan untuk santap keluarga di rumah.

3. Gandum

Gandum sendiri merupakan tanaman yang mirip sekali dengan padi yaitu sama – sama menghasilkan biji yang digunakan sebagai makanan pokok dari beberapa daerah serta beberapa negara.

Baca Juga : Cara Memilih Gandum Yang Baik

Di beberapa negara gandum juga digunakan sebagai makanan pokok ataupun bahan lainnya seperti untuk membuat roti yang berasal dari gandum seperti di beberapa negara di timur tengah.

4. Kacang

Kacang juga merupakan tanaman yang berasal dari tumbuhan penghasil biji – bijian serta termasuk dalam kategori tanaman kacang – kacangan, yang budidayanya sangatlah banyak di Indonesia.

Kacang sendiri di Indonesia sangatlah banyak jenisnya dan sering dimanfaatkan untuk membuat bumbu dapur serta digunakan untuk campuran ataupun pelengkap sebuah makanan.

Untuk mendapatkan kacang yang berkualitas bisa menggunakan alat yang bernama moisture meter atau alat ukur kadar air, yang dimana fungsinya adalah untuk mengukur kadar air dari sebuah biji – bijian sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Incoming search terms:

  • biji bijian
  • jenis biji bijian
  • tanaman biji bijian
  • tumbuhan biji bijian
  • Jenis biji
  • macam macam tanaman bijian
  • tumbuhan biji-bijian

Kegunaan Klorin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegunaan Klorin Dalam Kehidupan Sehari-hari – Klorin merupakan salah satu unsur yang ada di bumi dimana dalam keadaan murni atau alami dapat sangat reaktif...
akubeni1
1 min read

Cara Pencegahan Korosi

Cara Pencegahan Korosi dan Contohnya – Korosi atau karat merupakan hasil dari adanya reaksi antara logam dengan zat-zat yang ada disekitarnya. Korosi atau proses...
akubeni1
1 min read

Iman Kepada Allah

Pengertian dan Contoh Fungsi Iman Kepada Allah – Iman kepada Allah SWT merupakan pondasi keyakinan kita sebagai umat Islam kepada Allah SWT. Namun, tidak sedikit...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *