Kegunaan Air Bagi Manusia

Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia – Bisa dibilang tanpa air yang cukup maka kita akan mengalami kekeringan yang akan berujung kepada kematian. Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia dimanapun dia berada.

Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia

Bagi kelangsungan hidup, air begitu diperlukan. Coba Anda bayangkan apabila di tempat tinggal Anda tidak terdapat air maupun mata air, padahal Anda harus minum, mandi, dan memasak.

Ada banyak sifat dan kegunaan dari air untuk kehidupan, yaitu:

Sifat dan Kegunaan Air

Air menempati ruang dan mempunyai berat

Maksud dari menempati ruang dan mempunyai berat ini adalah air akan berbentuk sesuai dengan ruang tempatnya. Untuk membuktiknya silahkan Anda ambil sebuah gelas atau botol kemudian masukan air kedalamnya. Yang terjadi, air akan mengikuti bentuk dari gelas atau botol tersebut.

Air akan berbentuk sesuai ruang tempatnya. Botol yang sebelum dimasukan air dengan botol yang sudah dimasuki air akan berbeda dan terasa berat, maka itulah yang disebut dengan air memiliki sifat menempati ruang dan berat.

Permukaan air yang tenang akan selalu datar

Keadaan permukaan air yang tenang akan selalu datar seperti contohnya air pada kolam, telaga maupun danau. Berkat sifat ini maka air sering dimanfaatkan untuk mengukur tinggi, contohnya tinggi tembok.

Air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah

Bila Anda tidak mempercayainya, Anda bisa mencoba membuktikan dengan cara yang sederhana ini. Ambilah sesendok air kemudian tuangkan air tersebut kelantai. Yang akan terjadi maka air akan mengalir ketempat yang lebih rendah.

Dari adanya sifat tersebut maka air biasanya akan digunakan sebagai waterpass untuk mengetahui tinggi rendah suatu tempat apakah sudah sama atau belum. Hal ini berguna bagi proyek pembangunan tradisional.

Air dapat melarutkan berbagai zat

Air mempunyai sifat yang mampu melarutkan berbagai zat, apalagi bila air yang digunakan adalah air panas. Namun tidak semua zat akan larut dalam air, contohnya minyak,k kapur sirih, lilin dan sebagainya.

Air Menekan kesegala arah

Contoh mudah untuk mengamati sifat ini adalah dengan mengamati air dalam bak mandi yang ada dirumahmu. Air di dalam bak tersebut akan menekan dan menyebar keseluruh dinding bak mandi.

Air meresap melalui celah-celah kecil

Dalam peresapan ini biasa disebut juga dengan daya kapiler. Contoh pemanfaatannya adalah pada lampu kaleng yang menyala melalui sumbu. Sumbu pada lampu kaleng menyerap minyak tanah sehingga lampu dapat menyala.

Air dapat merubah wujud

Air dapat berubah wujud sesuai dengan perlakukannya, jika air dipanaskan maka air akan menguap menjadi gas. Air yang didiamkan dalam kulkas dengan suhu tertentu dapat berubah wujud menjadi padat yaitu menjadi es batu, dan yang lainya.

Air yang bergerak dapat digunakan untuk Pembangkit Tenaga Listrik

Jika Anda pernah mendengar pembangkit listrik tenaga air, itu benar adanya. Dalam proses ini dibutuhkan air yang deras dan turbin untuk menghasilkan tenaga yang kemudian menjadikan pembangkit listrik dapat memproduksi listrik.

Banyak manfaat dari air yang mana apabila kita kehilanggan sumber air maka kita akan mengalami kesusahan. Gunakanlah air dengan bijak. Gunakanlah DO Meter untuk mengetahui kandungan oksigen di dalam air.

Semoga kita termasuk orang yang beruntung dan tidak menghambur-hamburkan air yang notabene sebagai sumber kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainya.

Incoming search terms:

  • kegunaan air

Tags: