Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia

1 min read

Sejarah Lengkap Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia – Berbicara soal sejarah tentu tidak jauh dari perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan rakyat Indonesia. Tentu saja, perjuangan yang dilakukan bertubi-tubi mengorbankan banyak hal dari mulai korban harta, jiwa dan raga.

Sejarah Lengkap Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia

Untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut, tidak ada salahnya untuk mengulas kembali mengenai sejarah lengkap kolonialisme dan imperialisme di indonesia. Pertama-tama, sebenarnya apa kolonialisme dan imperialisme itu? Sesuai maka katanya, kolonialisme artinya penguasaan oleh satu negara atas negara yang lainnya.

Sedangkan imperialisme adalah sistem politik yang memiliki tujuan untuk menjajah negara lain dalam hal keuntungan dan juga kekuasaan. Dengan bekal teknologi yang maju tersebut, perjuangan akan lebih berdarah-darah.

Perjalanan Kolonialisme Dan Imperialisme

Sejarah lengkap kolonialisme dan imperialisme di indonesia ini memiliki faktor pendukung diantaranya adalah berikut ini. Pertama, perjalanan yang dilakukan mendorong keinginan banyak sekali orang untuk mengetahui lebih jauh mengenai kehidupan alam semesta.

Selain itu, keinginan untuk mengetahui keadaan geografi juga semakin tinggi. Bahkan lebih dari itu, keinginan untuk mengetahui keadaan bangsa di belahan yang lainnya juga semakin tinggi. Kedua, semangat untuk menakhlukkan orang lain yang dianggap tidak sesuai dengan kelompok.

Ketiga, keinginan untuk memperoleh keinginan dan rempah yang banyak. Beberapa faktor tersebut tentu saja memiliki sisi baik dan juga sisi buruk. Perjalanan kolonialisme ini kemudian memicu keinginan suatu negara untuk bisa menguasai negara yang lainnya.

Perjalanan yang pertama yaitu ekspedisi malaka yang dilakukan oleh bangsa portugis. Ekspedisi ini dilakukan sebagai salah satu faktor politik bangsa Eropa yang ingin mencari rempah-rempah di Indonesia. Pada saat itu memang kondisi Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga kemudian ekspedisi ini dilancarkan pada tahun 1509.

Perjalanan yang kedua yaitu perjalanan alfonso de Albuquerque yang dilakukan oleh salah satu tokoh penjelajah yang berasal dari portugis. Perjalanan yang dilakukan tersebut dari kawasan goa atau india menuju ke wilayah malaka.

Tidak lama kemudian, peperangan kemudian terjadi melawan sultan mahmud yang pada akhirnya kekuasaan jatuh di tangan portugis. Setelah menguasai kawasan tersebut, akhirnya turunlah perintah kepada Fransisco Serrao untuk mencari rempah-rempah tersebut dan kembali ke India dengan barang rampasan yang sudah didapatkan. Sejarah lengkap kolonialisme dan imperialisme di indonesia akan dibahas lebih jelas di paragraf berikut.

Ekspedisi yang terakhir di lakukan di portugis pada tahun 1522. Perjalanan ini dimulai dari penemuan pulau-pulau yang memang mampu menghasilkan rempah-rempah dengan kualitas yang terbaik. kawasan tersebut disebut pulau Hitu.

Namun keberadaan mereka di Ternate tidak disambut dengan baik sehingga terpaksa membuat mereka harus meninggalkan kawasan tersebut. Selain itu, rakyat Ternate juga geram karena peristiwa kristenisasi tersebut. Perlawanan kemudian dilakukan di bawah kepemimpinan Sultan Haitum.

Para kolonialisme akhirnya berhasil diusir oleh Sultan Baabullah sehingga mereka benar-benar mengakhiri perjalanan ekspedisi mereka untuk mencari rempah-rempah lagi. Sejarah lengkap kolonialisme dan imperialisme di indonesia ini bisa menjadi salah satu pembelajaran penting.

Sejarah lengkap kolonialisme dan imperialisme di indonesia yang bisa kita pelajari si bangku sekolah ini memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah adanya rasa cinta yang tinggi khususnya untuk semakin bersatu antar masyarakat negara Indonesia, selain itu juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa dipelajari bahwa ternyata Indonesia memiliki banyak potensi luar biasa yang bahkan diincar oleh negara yang lainnya.

Maka dari itu, kita sebagai warga harus pintar-pintar dalam menjaga kesatuan dan persatuan tersebut.

Kegunaan Klorin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegunaan Klorin Dalam Kehidupan Sehari-hari – Klorin merupakan salah satu unsur yang ada di bumi dimana dalam keadaan murni atau alami dapat sangat reaktif...
akubeni1
1 min read

Cara Pencegahan Korosi

Cara Pencegahan Korosi dan Contohnya – Korosi atau karat merupakan hasil dari adanya reaksi antara logam dengan zat-zat yang ada disekitarnya. Korosi atau proses...
akubeni1
1 min read

Iman Kepada Allah

Pengertian dan Contoh Fungsi Iman Kepada Allah – Iman kepada Allah SWT merupakan pondasi keyakinan kita sebagai umat Islam kepada Allah SWT. Namun, tidak sedikit...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *