Makanan Penyebab Sakit Lambung

Penyebab Sakit Lambung – Sistem pencernaan kita mempunyai mekanisme sendiri dalam mengolah makanan yang kita makan. Pencernaan makanan dimulai saat kita mengunyah makanan di mulut kita, kemudian saat kita menelannya ke tenggorokan, hingga masuk ke dalam usus besar dan usus kecil kita.

Makanan Penyebab Sakit Lambung

Ketika makanan dalam perut berjalan kembali ke arah yang berlawanan, maka ini bukan merupakan hal yang normal dan biasanya akan menyebabkan sakit. Contohnya adalah heartburn atau sakit maag, ini merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan makanan dari lambung kembali lagi ke kerongkongan.

Setiap orang bisa punya penyebab yang berbeda – beda akan hal ini, namun yang sering dialami pada umumnya adalah karena faktor makanan yang kita konsumsi. Ada beberapa macam makanan yang harus kita hindari karena berpotensi menyebabkan maag, apa sajakah makanan penyebab sakit lambung atau maag ini :

1. Makanan porsi besar

Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu banyak membuat lambung Anda menghasilkan lebih banyak asam lambung. Asam ini dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan Anda, oleh karena itu kita disarankan untuk makan dalam porsi yang cukup atau porsi yang lebih sedikit dalam intensitas yang lebih sering dari pada makan dalam satu waktu namun dengan porsi yang besar.

2. Makanan yang digoreng

Makanan gorengan yang tinggi kandungan lemaknya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Makanan yang terlalu lama di dalam perut Anda juga akan membuat lambung memproduksi asam lebih banyak yang pada akhirnya akan mengambil lebih banyak ruang di perut Anda. Hal ini akan mengakibatkan naiknya makanan atau asam lambung ke kerongkongan yang menjadi gejala gangguan asam lambung dan maag.

3. Makanan asam

Selain makanan tadi ada juga jenis buah tertentu yang dapat memicu asam lambung, buah tersebut adalah yang mengandung kadar asam yang tinggi. Kondisi asam merupakan kondisi dimana suatu zat memiliki kadar pH di bawah 7 pH, Anda dapat mengujinya menggunakan kertas lakmus atau pH meter. Sebagai contohnya buah jeruk yang termasuk lemon, jeruk dan tomat mengandung asam yang dapat mengganggu keseimbangan pH di perut Anda.

4. Brokoli

Meskipun menjadi sumber serat dan nutrisi, namun bila Anda menderita penyakit maag yang berhubungan dengan gas dan kembung sebaiknya menghindari mengkonsumsi brokoli. Serat yang terlalu banyak dikonsumsi juga akan membuat tubuh memproduksi gas terlalu banyak yang dapat memicu heartburn atau sakit maag.

5. Kopi dan minuman berkarbonasi

Bila Anda mempunyai masalah pada asam lambung maka sebaiknya Anda menghindari konsumsi kopi atau setidaknya berusaha menguranginya. Selain itu minuman berkarbonasi seperti soda juga dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan nyeri perut atas.

6. Makanan pedas

Bila Anda mempunyai masalah penyakit maag maka sebaiknya Anda juga menghindari makanan pedas, terutama saos atau cabai bubuk. Makanan pedas akan menyebabkan asam menumpuk dan menyebabkan naiknya asam lambung.

7. Alkohol

Minuman alkohol memang sudah terkenal tidak baik untuk kesehatan, selain itu alkohol juga akan memperburuk refluks asam lambung karena akan meningkatkan asam lambung dalam perut Anda. Hal ini juga akan membuat tubuh Anda dehidrasi.

8. Cokelat

Bila Anda menyukai makanan cokelat namun mempunyai masalah asam lambung maka sebaiknya Anda sudah mulai mengurangi konsumsinya. Cokelat dapat menjadi pemicu gejala refluks asam lambung karena mengandung senyawa yang disebut theobromine. Senyawa ini akan menyebabkan otot esophageal sphincter mengendur yang memungkinkan asam mengalir sampai kerongkongan.

Tags: