Manfaat dan Bahaya Dibalik Garam

1 min read

Manfaat dan Bahaya Dibalik Garam – Garam merupakan bahan yang digunakan untuk mengasinkan makanan sekaligus dapat mengawetkan makanan. Banyak tersedia jenis garam dari mulai garam meja hingga garam yang tidak beryodium.

Manfaat dan Bahaya Dibalik Garam
Manfaat dan Bahaya Dibalik Garam

Garam bermanfaat bagi tubuh. Garam bisa bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi, mencegah terjadinya penyakit gondok, menghilangkan racun dalam tubuh dan berbagai manfaat lainnya. Namun, dibalik manfaat yang menggiurkan dari garam, ternyata mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Beberapa hal dibawah ini membahas tentang manfaat dan juga bahaya yang terkandung dalam garam. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Manfaat Garam

  • Membantu pemeliharaan kelenjar tiroid

Kelenjat tiroid merupakan kelenjar yang berperan untuk menjaga metabolism tubuh. Dengan mengonsumsi garam secara wajar, dapat membantu tubuh untuk memelihara kelenjar tiroid dalam tubuh.

  • Menghilangkan racun dalam tubuh

Garam memiliki kandungan yodium didalamnya dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

  • Membantu proses pertumbuhan rambut

Yodium dapat membantu proses penumbuhan rambut, maka dari itu dengan mengonsumsi garam beryodium dapat membantu mengurangi kerontokan.

  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Garam beryodium dapat membantu mencegah perkembangan bakteri merugikan yang bersarang di dalam perut.

  • Mengurangi sakit gigi dan bau mulut

Berkumur dengan air hangat yang telah diberi garam dapat membantu mengurangi sakit pada gigi, dan dapat mengurangi bau mulut.

  • Mengatasi kaki pegal

Campuran garam dengan air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa pegal. Selain air hangat, lakukan hal serupa namun dengan garam dan air dingin.

Bahya Garam

  • Obesitas

Mengonsumsi garam secara berlebih dapat meningkatkan resiko obesitas secara tidak sadar. Karena mengonsumsi garam berlebihan, tenggorokan merasa haus lalu dengan cepat kita akan meminum sesuatu jika meminum air putih tidak akan menjadi masalah, namun jika meminum air yang mengandung gula dapat menyebabkan obesitas.

  • Resiko asma

Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan sesak nafas pada anak anak.

  • Kehilangan memori

Mengonsumsi garam berlebih juga menyebabkan demensia, dan otak tidak akan berfikir secara jernih.

  • Penyakit ginjal dan kelebihan air

Keduanya disebabkan karena mengonsumsi garam secara berlebihan. Jika penyakit ginjal disebabkan karena gumpalan garam dalam ginjal, sedangkan kelebihan air disebabkan karena kerongkongan yang merasa terus haus.

  • Tekanan darah tinggi

Jangan mengonsumsi banyak garam jika memiliki tekanan darah tinggi. garam juga dapat menyebabkan stroke dan juga serangan jantung Koroner.

  • Kanker perut

Endapan garam terlalu banyak dapat menyebabkan bertumbuhnya bakteri dalam usus. Selain itu, garam juga menyebabkan oseteoporosis dan menopause.

Maka dari itu, konsumsi garam secukupnya. Bila perlu gunakan alat ukur salinitas untuk mengukur kadar garam.

Incoming search terms:

  • apa risiko menajdi garam yang mengasinkan dalam suatu masakan?apa yang terjadi bila masakan itu tidak diberi garam?apa yang terjadi bila garam nya terlalu banyak?
  • apakah garam tidak berodium risiko mandul
  • bahaya raup dgn air garam

Khasiat Biji wijen Bagi Kesehatan

Khasiat Biji wijen Bagi Kesehatan – Wijen merupakan bijian yang biasanya akan digunakan sebagai topping membuat onde onde atau makanan lainnya. Wijen digunakan selain...
lindanw15
1 min read

Memasak Tanpa Menghilangkan Nutrisi

Memasak Tanpa Menghilangkan Nutrisi – Wortel merupakan jenis sayur yang mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan. Rasa wortel yang manis ketika sudah...
lindanw15
1 min read

Persiapan Untuk Rumah Pohon

Persiapan Untuk Rumah Pohon – Rumah pohon sering digunakan untuk tempat bermain atau tempat yang sering dikunjungi. Banyak rumah pohon yang berada di ddepan...
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *