Membudidayakan Kedelai

1 min read

Membudidayakan Kedelai – kedelai sebagai bahan pembuatan tempe dan tahu sangat diburu oleh masyarakat. Menurunnya produksi kedelai sangat mempengaruhi daya jual. Selain kedelai putih untuk tempe atau tahu, kedelai hitam banyak dijadikan bahan dasar pembuatan kecap.

Membudidayakan Kedelai
Membudidayakan Kedelai

Untuk itu budidaya kedelai yang baik dapat dilakukan dengan mengikuti saran berikut :

  • Budidaya kedelai

Kedelai dilakukan di lahan dengan lokasi ketinggian 0 – 900 mdpl dengan sinar matahari penuh sekitar 10 jam setiap harinya. Curah hujan yang cukup sangat mempengaruhi pertumbuhan kedelai.

  • Persiapan lahan

Persiapan pertama pada lahan, yaitu bajak atau cangkul tanah agar menjadi gembur. Setelah dirasa cukup gembur, barulah buat seperti gundukan tanah dengan saluran irigasi di sisi gundukan tanah tersebut. Jika tidak ada irigasi di setiap sisinya maka tanaman kedelai akan tumbuh dengan kerdil, yang artinya tanaman kedelai tidak akan tumbuh dengan sempurna.

Taburkan kapur dolomit jika pH tanah rendah dan taburkan pupuk jika tanah kurang subur dapat diukur menggunakan pH Meter.

  • Pilih benih

Banih yang akan digunakan untuk dibudayakan adalah benih unggul yang memiliki kualitas terbaik. Namun, jika ingin membuat benih sendiri, caranya adalah dengan memilih biji dari tanaman yang sehat dan cukup tua untuk dijadikan benih.

  • Perawatan budidaya kedelai
  • Pengairan

Pengairan dilakukan karena kedelai harus dalam keadaan lembab namun tidak becek karena terlalu banyak air. Biasanya air hujan akan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, namun jika hujan tidak turun maka penyiraman dapat dilakukan dengan cara manual.

Penyiraman yang sangat dibutuhkan tanaman adalah ketika berumur 15-21 hari setelah tanam, lalu proses pembungaan 25-35 hari dan saat tenaman terisi polong umur 55-70 hari.

  • Penyiangan
  • Pemupukan ulang

Pemupukan dilakukan pada masa pembungaan sampai proses pembentukan biji polong.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Hama dan penyekit dapat menyerang tanaman apa saja termasuk kedelai. biasanya hama yang sering menyerang tanaman kedelai adalah lalat kacang, lalat buah, ulat penggulung daun, dan masih banyak lagi.

Hama dapat dicegah dengan memperhatikan kebersihan lahan serta dapat dilakukan penyemprotan ke hama.

  • Pemanenan

Pemanenan akan dilakukan jika tanaman sudah memiliki ciri ciri seperti daun menguning dan mudah rontok, polong biji menguning dan polong yang sudah kecoklatan. Pemanenan dilakukan dengan memotong batang, bukan mencabutnya.

Penanaman Buah Ceri

Penanaman Buah Ceri – Buah ceri adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat jepang. Bunga buah ceri disebut juga dengan bunga sakura. Bunga sakura...
lindanw15
1 min read

Apa Itu Tanaman Hidroponik

Apa Itu Tanaman Hidroponik – tanaman hidroponik merupakan metode tanaman yang menggunakan media tanam air. Metode tersebut sering digunakan oleh masyarakat didaerah yang memiliki...
lindanw15
1 min read

Cara Menanam Buah Melon

Cara Menanam Buah Melon – melon merupakan buah yang memiliki bentuk seperti semangka, namun aslinya adalah suku labu. Buah yang umumnya memiliki daging berwarna...
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *