Pengertian dan Fungsi Besi Beton

1 min read

Pengertian dan Fungsi Besi Beton – Besi beton atau yang biasa disebut beton bertulang adalah besi yang digunakan dalam pembuatan beton untuk kebutuhan tulangan kontruksi. Fungsi beton bertulang ini penting dalam sebuah bangunan.

Pengertian dan Fungsi Besi Beton

Kedua bahan, yaitu tulangan dan beton sama-sama saling melengkapi karena untuk menciptakan bangunan yang kuat harus didukung oleh gaya tarik dan mampu menahan gaya tekan. Kedua gaya ini dimiliki oleh gabungan dari tulangan dan beton.

Besi beton tulangan ini mempunyai dua bentuk atau dua jenis yaitu besi polos dan besi ulir. Besi polos juga sering disebut plain bar sedangkan besi ulir biasa disebut deformed bar / BJTD.

Besi polos merupakan besi yang mempunyai ciri dengan penampang bundar dengan permukaan yang tidak bersirip dan mempunyai permukaan yang lisin. Berbeda dengan besi polos, besi ulir ini mempunyai bentuk fisik yang berbentuk sirip melintang (puntir/sirip ikan) atau rusuk memanjang (sirip teratur/bambu) dengan pola tertentu. Selain itu, ada juga batang tulangan yang dipilin pada proses produksinya.

Tulangan polos (BJTD) ini pengaplikasiannya jarang digunakan kecuali untuk membungkus tulangan longitudinal (sengkang atau spiral) yang diberi kait pada ujungnya, terutama pada kolom.

Fungsi Besi Beton

Sejarah mengatakan bahwa sejak tahun 1950 besi beton sudah mulai digunakan sebagai elemen utama dalam pembangunan gedung yang tinggi. Awalnya pada abad ke-20 gedung-gedung di Amerika menggunakan bahan baja profik sebagai elemen struktur utamanya namun setelah pengetahuan manusia berkembang, pada tahun 1950-an kontruksi beton dijadikan peran dalam konstruksi gedung tinggi.

Besi beton lebih sering digunakan untuk pembangunan gedung di Indonesia. Bukan tanpa sebab, karena bahan ini relatif lebih mudah didapat serta lebih ekonomis jika dibandingkan konstruksi lainya.

Dalam konstruksi seperti bangunan, jembatan, perkerasan jalan beton bertulang merupakan bahan yang paling penting. Pada bangunan gedung bertingkat tinggi besi beton sangat penting dalam pembuatan balok, dinding, plat kolom dan sloof.

Baca Juga : Alat Ukur Kekerasan

Satu hal yang tidak kalah penting adalah saat proses pembuatan besi beton bertulang, cek kembali kualitas kekerasan beton tersebut. Apakah sesuai standar atau tidak. Anda bisa mengetahui juga tekan beton menggunakan sebuah alat yang bernama alat uji tekan beton.

Incoming search terms:

  • fungsi beton
  • fungsi besi
  • fungsi dari beton
  • https://www mallardsgroups com/pengertian-dan-fungsi-besi-beton/
  • fungsi beton bertulang
  • fungsi beton pada bangunan
  • fungsi tulangan
  • fungsi beton dan tulangan
  • pengertian BESI BETON
  • fungsi tulangan pada beton

Menjelajah Lautan Dengan Kapal Selam

Menjelajah Lautan Dengan Kapal Selam –  Siapa yang tidak mengenal apa itu kapal selam. Semua orang yang sudah pernah melihat atau mendengar tentan apa...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Kegunaan Air Bagi Manusia

Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia – Bisa dibilang tanpa air yang cukup maka kita akan mengalami kekeringan yang akan berujung kepada kematian. Air...
akubeni1
1 min read

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *