Penyebab Pencemaran Sungai

1 min read

Penyebab Pencemaran Sungai – Sungai sebagai pengaliran air dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Setiap aliran sungai memiliki peranan penting bagi masyarakat.

Peyebab Pencemaran Sungai
Peyebab Pencemaran Sungai

Dengan adanya sungai, setiap masyarakat dapat melakukan kegiatan bersih bersih dengan mudah. Adanya sungai mempengaruhi kehidupan masyarakat terkait dengan air.

Banyak sungai sungai yang digunakan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air mereka. Rata rata sungai di Indonesia sudah kotor dan tercemar karena ketidak pedulian masyarakatnya terhadap kebersihan sungai.

Hal hal yang paling sering ditemui adalah karena ulah manusia yang membuang sampah sembarangan. Kegiatan buang sampah ini harus segera ditinggalkan, karena jika diteruskan akan membuat beberapa masalah di aliran sungai.

Air yang tercemar akan mendatangkan berbagai penyakit pencernaan, juga penyakit lainnya. Sungai yang tercemar akan mengurangi daya kesehatan masyarakat yang menggunakannya. Dalam sungai terdapat ekosistem yang dapat mati karena sungai yang telah tercemar.

Beberapa hal berikut ini menyebabkan sungai menjadi tercemar. Diantaranya adalah :

  1. Aktivitas membuang sampah sembarangan

Banyak yang tidak tau mengenai penglolahan sampah. Sampah banyak dibuang ke dalam sungai dan mengalir Bersama dengan air yang mengalir.

Hal yang akan terjadi adalah gundukan sampah yang membuat aliran sungai menjadi keruh karena banyak kotoran yang ada. Kekeruhan air mempengaruhi kesehatan air, untuk mengukur kekeruhan air dapat menggunakan alat ukur kekeruhan.

  1. Limbah industri

Sebuah industry yang membuang limbahnya ke dalam sungai akan membuat zat yang ada dalam limbah mengalir ke sungai, dan mencemari sungai.

  1. Batu bara

Perusahaan batu bara akan memproduksi gas asam yang berubah menjadi awan dan turun sebagai hujan asam. Hal ini akan mencemari sungai, tanah dan tempat lainnya.

  1. Erosi tanah

Tanah yang terkikis akan mengalir Bersama air dan menyebabkan air menjadi keruh.

  1. Penggunaan pestisida

Pestisida yang berlebihan akan menyebabkan air menjadi tercemar.

  1. Racun dan bahan peledak

Penggunaan kedua bahan tersebut membahayakan bagi sebuah ekosistem air, dan menyebabkan air menjadi tidak sehat.

  1. Limbah nuklir

Jika limbah nuklir dibuang di daerah perairan, bukan tidak mungkin perairan menjadi rusak.

Incoming search terms:

  • Faktor penyebab pencemaran air sungai
  • Pencemaran air sungai
  • penyebab sungai keruh
  • penyebab sungai
  • faktor pencemaran ait sungai
  • faktor penyebab pencemaran yang terjadi dialiran sungai
  • pencemaran sungai
  • Faktor yang mempengaruhi tercemar nua sungai
  • apa penyebab pencemaran sungai
  • apa akibat sungai tidak mengalir

Pengaruh Cuaca Terhadap Pelayaran

Pengaruh Cuaca Terhadap Pelayaran – Kapal laut merupakan salah satu moda transportasi laut yang sangat bergantung pada cuaca. Faktor – faktor seperti intensitas hujan,...
akubeni1
1 min read

Bau Sampah dalam Rumah

Bau Sampah dalam Rumah – Sampah memang sangat mengganggu. Sampah tak hanya menyebabkan tempat menjadi terlihat kotor, namun sampah juga mengeluarkan bau yang tidak...
lindanw15
1 min read

Macam – Macam Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya

Macam – Macam Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya – Pencemaran lingkungan sendiri dapat diartikan sebagai masuknya zat, energi, makhluk hidup ataupun komponen lain ke...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *