Suhu Normal Kamar Tidur

Suhu Normal Kamar Tidur – Tidur merupakan salah satu bentuk kegiatan kita dalam menjaga kesehatan dan kondisi tubuh agar tetap bugar. Bila kita kurang tidur maka kita dapat mengalami beberapa masalah gangguan kesehatan, bahkan saking pentingnya tidur menurut sebuah studi baru menunjukkan bahwa kamar tidur dengan suhu yang dingin bermanfaat untuk membakar lemak coklat menjadi sesuatu yang justru bagus bagi kesehatan.

Suhu Normal Kamar Tidur

Kebanyakan ilmuwan tidak menganggap bahwa orang dewasa memiliki lemak coklat menurut sumber dari brilio.net dari Sprayable Sleep, Sabtu (11/7). Namun beberapa tahun belakngan ini elemen kecil itu mulai terdeteksi pada orang dewasa, lemak ini terdeteksi terdapat pada leher dan punggung bagian atas.

Berbeda dengan lemak pada umumnya yang berwarna putih, lemak coklat secara metabolik cenderung lebih aktif. Menurut percobaan menggunakan tikus membuktikan bahwa lemak coklat ini dapat mengambil gula darah untuk membantu membakar kalori di dalam tubuh dan juga dapat menetralkan suhu tubuh.

Baca Juga :Jual Termometer

Penelitian ini juga dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) dan membuktikan bahwa proses tersebut juga berlaku untuk manusia. Lima relawan laki-laki yang sehat diminta oleh para peneliti untuk tidur dalam lingkungan yang terkendali dalam waktu 4 bulan.

Sedangkan pada siang harinya mereka dibiarkan tetap dengan kesibukan yang sama, namun dengan asupan makanan yang sudah dikendalikan untuk menjaga agar asupan makanan mereka tetap sama.

Pada bulan pertama kamar tidur para partisipan ini menggunakan suhu sekitar 23 derajat celcius yang dianggap relatif netral dan tidak akan memberikan perubahan moderat dalam tubuh mereka. Kemudian pada bula berikutnya suhu diturunkan menjadi 18 derajat celcius dengan harapan para peneliti dapat merangsang aktivitas lemak coklat.

Barulah pada bulan ketiga suhu kamar muali dikembalikan pada kisaran 23 derajat celcius dengan tujuan memoderasi efek yang disebabkan oleh ruangan dingin. Dan pada bulan terakhir atau keempat suhu kamar dirubah menjadi 27 derajat celcius guna menguji efek dari ruang hangat.

Dan hasil yang mengejutkanpun didapat, saat suhu diturunkan menjadi 18 derajat tubuh partisipan dengan lemak coklat dalam tubuhnya bereaksi hampir 2 kali lipat. Namun ketika suhu dinaikkan menjadi 27 derajat celcius hal aneh terjadi yaitu lemak coklat ini tidak terlalu bereaksi seperti yang terpantau saat suhu kamar ini diturunkan.

Baca Juga : Alat Pengukur Suhu

Dengan hasil ini dapat kita simpulkan bahwa suhu kamar sekitar 15-19 derajat celcius dapat membantu proses metabolisme tubuh kita, hal serupa juga diungkapkan oleh Christopher Winter, seorang dokter yang menulis di Huffington Post.

Suhu dingin ini selain bermanfaat untuk membakar kalori juga bermanfaat untuk merangsang pelepasan melatonin. Ini merupakan hormon penting sebagai zat anti-penuaan dalam tubuh kita.

Selain itu suhu kamar yang dingin juag bermanfaat untuk melepaskan hormon pertumbuhan, zat kimia lain yang bermanfaat sebagai anti penuaan juga. Oleh karena itu tidak heran bila kita tidur pada kamar dengan suhu yang dingin kita dapat terlihat awet muda.

Selain hal tersebut, saat kita tidur pada kamar dengan suhu yang dingin kita juga dapat tidur dengan lebih pulas.

Incoming search terms:

  • suhu normal ruangan
  • Suhu ruangan normal
  • berapa suhu normal ruangan
  • berapa suhu ruangan
  • standar suhu kamar tidur
  • standar suhu ruangan kamar tidur
  • suhu normal pada ruangan berapa

Tags: