Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Syarat Tumbuh Tanaman Durian – Durian, buah yang satu ini siapa yang tidak mengenalnya. Buah yang mendapat julukan sebagai raja buah ini memang memiliki rasa yang khas yang tidak sama dengan buah – buah jenis lainnya.

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Akan tetapi budidaya tanaman durian sendiri membutuhkan waktu yang lama sebelum bisa dipanen. Sebelum kita menanam bibit durian kita harus memastikan lokasi tersebut memang sesuai untuk budidaya durian, karena bila salah memilih lokasi tanam maka tanaman durian yang sudah ditanam tidak dapat dipindahkan.

Baca Juga : Jenis Durian Cepat Berbuah

Karenanya bila Anda akan melakukan budidaya tanaman durian maka Anda harus tahu lebih dahulu faktor yang sesuai untuk budidaya durian. Ini merupakan langkah awal sebelum Anda melakukan budidaya, untuk lebih jelasnya berikut adalah syarat tumbuh tanaman durian :

1. Iklim

Pada dasarnya tanaman durian membutuhkan ketersediaan air yang cukup, karenanya tanaman durian banyak tumbuh pada daerah dengan iklim tipe A dan B. Secara umum kedua iklim ini memiliki bulan basah sepanjang 7 – 10 bulan, bulan keringnya 2 – 4 bulan, dengan curah hujan curah hujan 1.500 – 2.500 mm/tahun (merata sepanjang tahun) dan suhu udaranya 28 – 29 C.

Secara umum setiap varietas tanaman durian membutuhkan ketinggian khusus untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal dan produktif, namun secara umum tanaman durian dapat tumbuh pada tempat dengan ketinggian 400 – 600 m di atas permukaan air laut. Akan tetapi tanaman durian juga dapat ditanam di daerah dataran rendah asalkan curah hujan pada daerah tersebut merata sepanjang tahun. Waktu berbunga tanaman durian yang ditanam pada daerah dataran rendah umumnya lebih cepat dibandingkan dengan yang ditanam pada daerah dataran tinggi.

2. Intensitas matahari

Sama halnya seperti tanaman lainnya, tanaman durian juga membutuhkan sinar matahari, karena dengan sinar matahari dapat mengubah air dan karbondioksida menjadi energi dan oksigen di daun. Agar daun melakukan tugasnya dengan baik memerlukan intensitas cahaya yang tepat tidak terlalu sedikit maupun banyak. Pada umumnya tanaman durian membutuhkan cahaya matahari dengan intensitas sekitar 40 – 50% agar pertumbuhannya optimal. Karenanya tanaman durian sebaiknya ditanam pada lahan terbuka meskipun tanaman durian juga merupakan tanaman yang tahan terhadap naungan.

3. Jenis dan topografi tanah

Tanah yang cocok untuk bertanam durian adalah jenis tanah lempung berpasir, subur, gembur yang tidak bercadas. Tanaman durian justru tidak bagus bila ditanam pada tanah liat karena pengeringannya yang sulit, terlebih lagi ketika memasuki musim hujan, tidak hanya itu, pada musim kemarau tanah liat juga menjadi keras dan susah mempertahankan air di sekitar perakaran.

Tanah untuk tanaman durian juga idealnya memiliki pH yang netral atau mendekatinya yaitu sekitar 5,5 – 7,0 pH. Untuk memastikan kadar pH tanah tersebut sesuai Anda dapat mengukurnya menggunakan soil pH tester. Lahan tanam untuk tanaman durian juga sebaiknya adalah lahan miring dengan kemiringan 5 – 20 derajat, usahakan kemiringan lahan tidak lebih dari 30 derajat untuk mencegah erosi. Apabila lahan yang digunakan merupakan lahan miring sebaiknya Anda melakukan langkah konservasi dengan sistem surjan atau berundak.

Tags: