Cara Membuat Bubuk Kayu Manis

1 min read

Cara Membuat Bubuk Kayu Manis – Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar salah satu rempah yang punya banyak manfaat kayu manis. Kayu manis (cinnamon) sudah banyak digunakan sebagai bahan rempah masakan, kecantikan hingga pengobatan.

Cara Membuat Bubuk Kayu Manis

Anda dapat menggunakan kayu manis ini dalam bentuk bubuk maupun minyak bahkan dalam bentuk asli yang telah dikeringkan. Cara pengolahan kayu manis yang sangat sederhana adalah cukup dengan mengeringkannya hingga mencapai kadar air tertentu.

Baca Juga : Alat Ukur Kadar Air

Pengolahan ini dilakukan dengan cara mengelupaskan kulit kayu manis kemudian dibersihkan dari kulit luarnya. Setelah itu kayu manis akan dibelah – belah dengan ukuran 3 – 4 cm lebarnya lalu dibersihkan kemudian dikeringkan dengan dijemur selama 2 – 3 hari.

Kayu manis yang kering secara alami akan menggulung dengan sendirinya. Penjemuran dilakukan hingga kayu manis cukup kering yang lamanya tergantung dari kondisi cuaca pada daerah tersebut.

Biasanya para petani menjual kayu manis kering dengan kadar air sekitar 30 – 35% untuk selanjutnya dapat diolah pembelinya. Bahkan dari proses pemotongan kayu manis ini akan menghasilkan produk baru yaitu gulungan kulit kayu manis yang dapat diekspor karena sudah memenuhi standar ekspor.

Chips atau potongan – potongan kecil kulit kayu manis hasil dari sisa – sisa proses pemotongan dan bubuk kulit kayu manis ini akan melewati proses pengolahan selanjutnya.

Hasil proses pemotongan tersebut biasanya diolah menjadi produk lain kayu manis dalam bentuk bubuk (ground powder) dan juga dalam bentuk minyak atsiri. Minyak ini diperoleh melalui proses destilasi serta bentuk oleoresin yang dihasilkan dari proses ekstraksi.

Baik produk kayu manis kering maupun bubuk kayu manis ini mempunyai sifat dan rasa yang sama karena memang satu bahan baku sebelumnya. Kayu manis bubuk juga mengandung minyak atsiri dengan rasa yang pedas dengan kandungan bahan mineral dan kimia organik berupa protein, karbohidrat dan lemak.

Bubuk kayu manis ini dihasilkan dari proses penggilingan kayu manis kering. Untuk Anda orang rumahan juga dapat melakukannya sendiri dengan cara memblendernya dengan blender. Selain itu Anda juga dapat menumbuknya dengan alu.

Bubuk kayu manis juga bisa didapat dari debu hasil penggergajian kulit kayu manis selain dari penggilingan atau penumbukan. Bubuk kayu yang dihasilkan dari proses ini akan disaring kembali untuk mendapatkan hasil bubuk yang lebih halus yang dapat dikonsumsi.

Cara Mengetahui Kualitas Tinta

Cara Mengetahui Kualitas Tinta – Printer merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang digunakan untuk berbagai keperluan mencetak. Bagi Anda yang bekerja...
akubeni1
1 min read

Busi Iridium

Kelebihan Busi Iridium – Untuk Anda pecinta otomotif baik motor maupun mobil bahkan bagi orang awan sekalipun pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen...
akubeni1
1 min read

Coklat Yang Mengandung Babi

Coklat Yang Mengandung Babi – Apakah Anda orang yang suka memakan coklat? makanan manis yang diolah dari biji kakao ini memang mempunyai banyak pecintanya....
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *