Coklat Yang Mengandung Babi

1 min read

Coklat Yang Mengandung Babi – Apakah Anda orang yang suka memakan coklat? makanan manis yang diolah dari biji kakao ini memang mempunyai banyak pecintanya. Namun apakah Anda pernah mendengar tentang produk coklat yang mengandung bagian tubuh babi?

Coklat Yang Mengandung Babi

Coklat dengan merek dagang Cadbury yang mengandung minyak babi yang berasal dari Malaysia tidak masuk ke dalam peredaran produk resmi di Indonesia. Hal ini sudah diklarifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Roy Alexander Sparingga selaku Kepala BPOM menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya terkait dengan produk coklat bermerk cadbury yang berasal dari Malaysia sudah mereka uji. Disini ia juga memastikan bahwa sebanyak 13 varian produk cadbury yang diuji di laboratorium yang beredar di pasaran bersifat halal.

Dari hasil pengujian tersebut beliau juga telah melakukan klarifikasi. Klarifikasi tersebut terkait coklat yang heboh di Malaysia tersebut tidak masuk ke Indonesia. Ia dan timnya telah melakukan sampling varian produk coklat dan diuji lab apakah mengandung babi dan hasil yang di dapat adalah negatif.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu resah karena produk yang diimpor dari Malaysia ini sudah sesuai dengan yang mereka daftarkan ke otoritas perdagangan Indonesia dan produk tersebut juga tidak mengandung DNA babi.

Di laboratorium sendiri produk tersebut telah diuji dengan meneliti bahan – bahan yang terkandung di dalamnya. Pengujian tersebut dilakukan menggunakan alat Spektrofotometer yang dapat mencacah berbagai macam DNA yang ada dalam produk. Dan dari hasil pengujian produk yang beredar di pasaran ini tidak mengandung minyak babi.

Dalam kasus tersebut BPOM sendiri merupakan lembaga yang menggunakan hukum positif yang berarti peraturan perundang – undangan yang berlaku ditegakkan sesuai dengan kewenangan mereka.

Mereka hanya melakukan pengujian terhadap produk yang terduga mengandung minyak babi tersebut namun kewenangan untuk menentukan hukumnya halal atau haram diberikan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sedangkan peran BPOM adalah memberi izin pencantuman logo halal apabila sertifikat halal sudah diberikan oleh MUI.

Dilain pihak, MUI juga telah menguji 10 sampel produk cadbuty yang diambil dari pasaran dan didapati hasil negatif terhadap DNA minyak babi. Namun perusahaan coklat yang berpusat di Inggris tersebut sertifikat halalnya sudah tidak diperbaruhi sejak tahun 1997.

Incoming search terms:

  • coklat mengandung babi
  • coklat yang mengandung minyak babi
  • coklat yg mengandung bahan babi
  • produk coklat yang mengandung minyak babi
  • coklat
  • coklat babi
  • cokelat apa yang mengandung lemak babi
  • ciklat yang mengandung babi
  • cara mengatasi banyak orang menggunakan lemak babi di coklat
  • apakah coklat delfi mengandung minyak babi

Membuat Layang – Layang

Membuat Layang – Layang – Layangan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan layang – layang sendiri pastinya sudah tidak asing lagi oleh kita...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Ciri Ciri Furniture Kayu Jati

Ciri Ciri Furniture Kayu Jati – Mebel atau perabot rumah dari kayu merupakan jenis mebel maupun furniture yang masih banyak digemari hingga saat ini....
akubeni1
1 min read

Sirkuit Balap Motor Terbaik di Dunia

Sirkuit Balap Motor Terbaik di Dunia – Apakah Anda penggemar balap motor? tentu Anda sudah tahu ajang balap motor paling bergengsi di dunia yaitu...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *