Harga Ayam Cemani

Harga Ayam Cemani – Berapa uang yang rela Anda habiskan untuk membeli seekor ayam? Melihat harga pasaran ayam, Anda mungkin menyangka harga ayam dangat standard dan tidak terlalu mahal. Namun, berbeda dengan ayam yang satu ini. Ayam asal Indonesia bernama ayam Cemani ini menjadi salah satu jenis ayam yang paling populer di dunia karena harga ayam Cemani yang dibanderol sangat mahal.

Harga Ayam Cemani

Bagi para penghobi ayam, mungkin nama ayam Cemani tidak asing lagi karena memang di antara jenis ayam lainnya, ayam asli Indonesia ini memiliki ciri khas yang begitu unik yang tidak dimiliki ayam pada umumnya. Perbedaan mencolok ayam Cemani dengan ayam lainnya ada pada warna tubuhnya yang memiliki unsur estetika yang unik.

Warna tubuhnya hitam pekat hampir di sekujur tubuhnya, termasuk mata, lidah, paruh, jenger, dan lainnya. Uniknya lagi, bagian dalam dari ayam ini, seperti daging, organ tubuhnya, hingga ke tulang-tulangnya juga memiliki warna yang hitam pekat.

Sebagian orang percaya, bahwa ayam Cemani dulunya pernah mengalami kutukan, sehingga bisa berwarna hitam. Karena konon, dahulu kala ayam Cemani merupakan peliharaan raja dan para keturunan dari Kerajaan Majapahit. Namun, dari kacamata ilmiah, bisa dijelaskan mengapa ayam Cemani memiliki warna hitam disekujur tubuhnya.

Penyebabnya adalah tak lain karena ayam Cemani mengalami kondisi genetik unik bernama Fibromelanosis atau Hiperpigmentasi yang membuat pigmennya dominan berwarna hitam. Karena itulah, seluruh tubuhnya hingga ke bagian dalam tubuhnya gelap.

Selain warnanya yang gelap, keunikan lain dari ayam ini adalah lekat akan mitos. Ayam ini diyakini sebagian orang bisa membawa kedamaian, penengkal sihir, menambah rezeki, melariskan dagangan, mensukseskan negosiasi untuk perang dan konflik, hingga memudahkan datangnya jodoh.

Ada juga sebagian yang menduga, jika mitos ini dihidupkan dan digembar-gemborkan agar semakin menarik minat pembeli. Alhasil, memang banyak peminatnya dan harga ayam Cemani pun melambung tinggi.

Harga Ayam Cemani di Indonesia

Lantaran memiliki keunikan yang jelas tidak dimiliki ayam lain dan lekat akan mitos, maka ayam Cemani banyak dicari orang, baik untuk koleksi atau untuk kepercayaan mitos tersebut. Peminatnya tak tanggung-tanggung datang dari lokal maupun beberapa negara Eropa dan Amerika.

Hal tersebut tentu sangat berpengaruh pada harga ayam Cemani di pasaran. Mulai dari pasar dalam negeri, maupun luar negeri membandrol harga ayam Cemani dengan harga yang sangat tinggi. Menurut beberapa informasi yang beredar, harga ayam Cemani anakan saja sudah menyentuh angka Rp. 1 – 2 jutaan.

Jika ayam telah beranjak dewasa, jelas harganya akan semakin melambung tinggi sesuai dengan usianya dan segala keunikan yang menyelimuti jenis ayam ini. Di luar negeri, ayam Cemani dewasa bisa terjual hinggaRp. 25 juta rupiah atau bahkan lebih. Jika dibeli dari pasar gelap, harganya bisa berkali-kali lipat lebih tinggi.

Di Indonesia, harga ayam Cemani bisa seharga membeli 3 motor matic atau bisa untuk membayar uang muka pembelian mobil. Harganya memang lebih mahal di dalam negeri, karena rupanya persebaran ayam Cemani di luar negeri justru lebh banyak dibandingkan dengan di Indonesia yang sudah bisa dikategorikan langka.

Bahkan, kini menemukan anakannya saja sudah cukup sulit. Kondisi inilah yang membuat harganya lebih tinggi di Indonesia. Diperkirakan, jumlah spesies ayam Cemani tidak sampai 5000 ekor di seluruh dunia. Makanya, ayo segera beli ayam Cemani. Nah, berikut ini daftar harga lengkapnya:

Daftar Harga Ayam Cemani Asli

Nama ProdukHarga MinHargaMax
Telur ayam cemaniRp.80.000Rp. 100.000
Anak ayam cemaniRp. 125.000Rp. 550.000
Harga ayam cemani dewasa asliRp. 25.000.000Rp. 40.000.000

Daftar harga di atas tidak mengikat, karena pada kenyataan di lapangan, bisa jadi harganya berbeda di daerah Anda. Itulah referensi mengenai Harga Ayam Cemani, Ayam yang Hitamnya Hingga ke Daging-daging.

Tags: