Harga Biola

Harga Biola – Biola merupakan alat musik yang cukup menarik perhatian. Hal ini karena biola memiliki suara yang khas cara memainkannya yang unik. Biola memiliki bentuk layaknya gitar, namun cara memainkannya tidak sama seperti gitar melainkan digesek menggunakan alat gesek khusus yang biasanya terbuat dari bulu ekor kuda.

Harga Biola Terbaru dan Lengkap

Keunikan-keunikan inilah yang akhirnya membuat seseorang tertarik untuk memperlajarinya. Namun, rupanya tidak cukup mudah untuk bisa membuat suara indah dari alat musik yang satu ini. Diperlukan adanya ketekunan dan keinginan yang kuat untuk sealu belajar. Karena itulah belum teralu banyak orang yang bisa memainkan alat musik ini.

Sebelum belajar bioa tentu Anda harus mengetahui berapa harga biola di pasaran. Harga biola di pasaran memang cukup variatif, tergantung dari merk, model, dan bahan kayu dasar untuk membuatnya. Tak hanya itu harga biola juga tergantung pada jenis biola yang ingin Anda belik, elektrik, bisa juga memiliki biola klasik. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Biasanya untuk berlatih, banyak orang membeli biola klasik tanpa kabel. Harganya mulai dari 400 ribuan hingga 1 jutaan. Memang sangat variatif, semakin bagus bahan kayu yang digunakan, semakin tinggi pula harganya. Sedangkan, jika Anda memilih biola akustik, harga biola akustik yang ditawarkan di pasaran biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan biola klasik, yaitu kisaran 500 ribuan sampai 2 juta.

Biasanya mereka yang memang berkecimpung di dunia musik, sering menggunakan biola eektrik. Sebab, biola elektrik memiliki suara yang lebih keras dan melengking. Harga biola elektrik biasanya dibanderol di pasaran dengan harga yang lebih tinggi lagi dari jenis biola lainnya, yaitu kisaran 1,5 jutaan sampai 3 juta.

Namun, sebelum memastikan biola mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, penting untuk memperhatikan beberapa hal ini sebelum membeli biola. Mari simak bersama!

4 Tips Membeli Biola, Selain Harga Biola

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum Anda membeli biola, yaitu sebagai berikut:

1. Mengetahui ukuran biola

Kelihatannya memang biola hanya memiliki satu ukuran saja, padahal ada beberapa jenis ukuran biola yang harus Anda pahami, ada yang ukurannya 4/4=1, 3/4, 2/4=0,5, dan lain sebagainya hingga 1/16. Untuk ukuran dewasa, biasanya adalah yang berukuran 3/4 atau 4/4. Sesuaikan ukuran biola dengan badan dan kenyamanan Anda.

2. Kualitas kayu

Penting diperhatikan, terbuat dari bahan kayu apakah biola yang akan Anda beli? Apakah dari kayu jati, mahoni, ataukah cendana. Yang jelas, kayu pada biola harus dipastikan keras dan tidak ringkih. Hal ini karena senar biola sangat tegang, jika kualitas bahan kayu pembuatnya buruk, makan bagian pengait senar bisa gampang jebol.

3. Tuning pad dan bridge

Pastikan kekuatan tuning pad dan bridge pada biola. Tuning pad adalah bagian untuk mengencangkan dan mengendurkan senar biola. Bagian ini sangat penting. Sebab, jika salah setting atau tidak kokoh, akan mempengaruhi suara dari biola.

Sedangkan bridge pada biola tidak berada di tengah biola, bentuknya setengah lingkaran. Bridge pada biola tidak ditanam, melainkan diletakan begitu saja di bawah 4 senar. Ketika membeli, pastikan bridge kuat dan tidak bergeser kesana-kemari. Karena jika ini terjadi, ditambah permukaan biola yang licin, bridge bisa saja telempar.

4. Bow and hairs

Bow adalah alat gesek biola. Hair adalah bulu penggeseknya yang biasanya terbuat dari ekor kuda, namun ada juga dari bulu sintetis. Pastikan ketahanan alat gesek ini.

Tags: