Cara Memperbanyak ASI

Cara Memperbanyak ASI – Apakah Anda seorang ibu yang baru melahirkan bayi pertama? Sudah pasti ada kesulitan yang menghampiri Anda karena ASI yang tidak mau keluar, padahal bayi Anda sudah harus diberi ASI agar bayi bisa tumbuh kuat dan sehat. Ada banyak cara memperbanyak ASI untuk buah hati Anda.

Cara Memperbanyak ASI

Bagi orang yang baru pertama kali melahirkan, kesulitan untuk mengeluarkan asi memang sudah banyak terjadi. Ada beberapa fakyor yang menyebabkannya. Salah satunya karena kurang makan-makanan yang mengandung protein dan zat lainnya, sehingga memperlambat ASI untuk keluar.

Pada dasarnya, hampir semua ibu menginginkan agar bayinya bisa terus mengkonsumsi ASI secara wajib minimal selama 6 bulan, dan maksimal, ASI diberikan sampai anak berumur 2 tahun. ASI bisa tidak langsung keluar, karena beberapa faktor seperti perubahan hormon sehingga ibu tersebut sulit untuk mengeluarkan ASInya, setelah melakukan operasi payudara juga bisa menyebabkan terhambatnya ASI untuk keluar, atau tekanan darah tinggi akibat kehamilan juga bisa menjadi penyebabnya, karena aliran darah yang mungkin kurang lancar.

Cara memperbanyak ASI yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung banyak vitamin dan juga kandungan yang baik, seperti :

1. Sayur-sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau, kaya akan protein dan kandung vitamin juga zat besi, sehingga akan memperbanyak pasokan ASI dalam tubuh sang ibu. Biasakan untuk memakan sayur bayam, daun katuk dan juga brokoli selama masa menyusui. Atau bisa juga untuk mengkonsumsinya sebelum melahirkan, karena itu cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan agar ASI bisa langsung lancar saat bayi lahir.

2. Telur

Jangan sepelekan dengan mengkonsumsi telur. Karena kandungan protein yang ada pada telur dapat membantu meningkatkan jumlah ASI pada ibu yang sedang menyusui. Untuk itu, jangan bosan untuk mengkonsumsinya.

3. Oatmeal

Sama seperti sayuran hijau, oatmeal juga mengandung zat besi yang bagus untuk menambah ASI. Anda bisa mengkonsumsinya untuk sarapan.

4. Produk Susu

Di Negara kita sendiri, sudah banyak produk susu yang mendorong ibu yang baru melahirkan untuk memproduksi ASI lebih banyak. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya sangat bagus untuk ibu yang sedang menyusui.

3 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

Setelah kita menyebutkan sumber makanan perlancar ASI, sekarang kita membahas bagaimana agar ASI tetap memproduksi banyak dengan cara-cara yang alami dan mudah dilakukan sendiri oleh sang ibu. Dan cara-cara ini bisa dilakukan saat masa kehamilan, agar saat melahirkan, ASI bisa langsung keluar. Berikut adalah cara-caranya :

1. Janganlah malas untuk membersihkan putting payudara Anda. Gunakanlah baby oil untuk membersihkannya setiap setelah Anda mandi, lalu berikanlah pijatan pada payudara Anda. Ini bisa Anda lakukan jika sudah melalui trimester yang ke-3.

2. Untuk ibu yang baru mempunyai anak, keterampilan untuk memberikan sang anak ASI, mungkin masih belum lancar, sehingga bayi kadang kurang nyaman saat meminumnya. Akibatnya, ASI kadang tidak terminum. Untuk terus memproduksi ASI, Anda bisa mempompanya dengan pompa ASI yang dijual di apotik atau toko perlengkapan bayi.

3. Produksi ASI bisa dihitung dari seberapa banyak bayi mengkonsumsi ASI. Semakin sering si bayi meminumnya, akan semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Usahakan untuk menyusui bayi Anda 2-3 jam sekali agar pasokan ASI bisa lancar, dan ini adalah cara memperbanyak ASI yang paling mudah untuk dilakukan.

Demikian cara untuk memperbanyak ASI secara alami yang bisa dilakukan demi sang buah hati.

Tags: