Cara Menjernihkan Air Sumur Dengan Tawas

1 min read

Cara Menjernihkan Air Sumur Dengan Tawas – Air sumur yang kurang jernih dan berwarna kekuningan ini menjadi masalah tersendiri, karena air sumur yang demikian tidak bagus bagi kesehatan kulit. Untuk membuat air menjadi jernih, Anda bisa menggunakan tawas.

Tawas merupakan kumpulan dari garam berhidrat yang mempunyai sifat isomorf. Tawas atau yang biasa disebut alum ini mempunyai sifat yang mudah larut apabila berada di dalam air.

Untuk Anda yang ingin membeli tawas, tawas mudah ditemukan di pasar maupun di toko bangunan di dekat rumah Anda. Bentuk tawas yang Anda dapatkan biasanya berbentuk seperti pasir, bukan bongkahan (bongkahan lebih baik). Namun, keduanya sama saja dapat digunakan sebagai penjernih air.

Pada umumnya tawas yang anda jumpai di pasar – pasar atau pun di toko bangunan berbentuk seperti pasir, tidak berbentuk bongkahan, tapi sebagai fumhsinya sama saja. dikarenakan untuk yang berbentuk bongkahan tawas susah di temui sebagai alternatif kita bisa menggunakan nya tawas pasir.

Panduan cara jernihkan air dengan tawas

Untuk menjernihkan air dengan tawas dibutuhkan beberapa perlengkapan yaitu sendok makan (karena tawas yang akan digunakan berbentuk pasir) dan tawas. Tawas yang akan kita gunakan berupa tawas berbentuk pasir.

Penting untuk diperhatikan, penggunaan tawas ini disesuaikan dengan kondisi air yang berada di dalam sumur. Jika air yang di dalam sumur ini tidak terlampau keruh, maka takaranya adalah 1000 liter air dicampurkan dengan 3-5 sendok makan. Untuk air yang masuk kategori keruh dan berlumpur sedikit maka takaranya 1000 liter air dicampur 5-8 sendok makan.

Untuk menguji kualitas air gunakan alat uji kualitas air.

Diamkan campuran air dengan tawas selama 6 jam. Apabila setelah 6 jam air tidak kunjung jernih maka lakukan penambahan dosis takaranya. Menunggu 6 jam ini mempunyai tujuan agar tawas mengikat kotoran-kotoran yang terdapat dalam air sumur Anda.

Penggunaan tawas ini tidak merubah rasa dari air itu sendiri. Dosis takaran tawas dengan air bisa Anda tambahkan sendiri sesuai dengan kondisi kekeruhan air pada sumur Anda. Menjernihkan air sumur dengan tawas ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang menginginkan air sumur yang keruh menjadi jernih.

 

Incoming search terms:

  • tawas
  • cara menjernihkan air sumur bor dengan tawas
  • cara menggunakan tawas
  • cara menjernihkan air sumur dengan tawas
  • takaran tawas untuk sumur
  • takaran tawas untuk sumur bor
  • cara menjernihkan air dengan tawas
  • https://www mallardsgroups com/cara-menjernihkan-air-sumur-dengan-tawas/
  • takaran tawas
  • dosis pemakaian tawas

Manfaat Menjadi Vegetarian

Manfaat Menjadi Vegetarian – Vegetarian merupakan istilah untuk sesorang yang mengonsumsi sayur dan buah saja. Bukan hanya itu, vegetarian tidak mengonsumsi makanan yang diperoleh...
lindanw15
1 min read

Yoga Untuk Kesehatan

Yoga Untuk Kesehatan – Yoga merupakan suatu kegiatan olahraga yang biasanya dilakukan untuk meditasi, kegiatan memusatkan pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuh secara...
lindanw15
1 min read

Manfaat Gula Aren

Gula Aren – Gula yang sering disebut sebagai gula merah ini dibuat dari sari buah aren, namun  karena warnanya merah sehingga seringkali disebut sebagai...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *