Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Cara Mengobati Batuk Secara Alami – Apakah Anda pernah atau sedang mengalami batuk? Walau terlihat ringan namun penyakit yang satu ini cukup menganggu bukan. Terlebih lagi saat cuaca sedang tidak sedang bersahabat semisal sering hujan, tentu bila Anda sedang batuk akan semakin berat dalam menjalani aktivitas sehari – hari.

Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Bila Anda sedang mengalami batuk sebaiknya jangan langsung menggunakan obat untuk menyembuhkannya. Kami sarankan untuk mencoba pengobatan dengan bahan alami yang sudah terbukti ampuh sejak jaman dahulu. Apa sajakah obat alami untuk batuk ini, berikut beberapa obat alami untuk batuk :

1. Teh Jahe

Di Asia ada jenis teh yaitu teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya biasa digunakan untuk mengobati batuk. Selain itu jahe juga merupakan salah satu obat alami yang ampuh untuk batuk. Siapkan 2 – 3 irisan jahe kemudian cuci hingga bersih dan seduh dalam teh hangat. Selain teh jahe Anda juga dapat menggunakan wedang jahe untuk mengobati batuk.

2. Kunyit

Kunyit juga merupakan bahan alami yang dapat mengobati batuk. Caranya adalah dengan menambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk ke dalam satu gelas susu dan tambahkan 2 – 3 sdm madu. Kandungan alami dalam kuniy mampu menyembuhkan Anda dari batuk.

3. Madu dan Lada Putih

Cobalah campurkan satu sendok teh madu dengan sedikit taburan lada putih 2 – 3 kali sehari, bahan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk.

4. Kemangi

Ternyata daun yang beraroma khas ini dapat mengatasi beberapa penyakit seperti halnya batuk. Siapkan 1 – 2 gelas air putih rebuslah bersama 2 – 3 daun kemangi dan bila sudah mendidih angkat kemudian diamkan hingga hangat. Anda dapat meminumnya 2 – 3 gelas perhari hingga batuk Anda sembuh.

5. Daun Sirih

Siapkan lima lembar daun sirih kemudian tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis kemudian rebus semua bahan tadi dengan air sebanyak dua gelas. Rebuslah hingga air mendidih dan menjadi satu gelas. Minum kira – kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari hingga batuk Anda sudah tidak terasa lagi.

6. Belimbing Wuluh

Selain bahan – bahan di atas ternyata bunga belimbing wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Siapkan kurang lebih satu genggam bunga belimbing wuluh kemudian campurkan dengan beberapa butir adas. Tambahkan juga gula dan secangkir air kemudian ditim. Setelah agak dingin kemudian saring ramuan tersebut dan ramuan bunga belimbing wuluh siap untuk diminum guna mengobati batuk.

7. Bunga Mawar

Selain itu Anda juga dapat menggunakan bunga mawar. Ternyata bunga mawar juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Caranya adalah ambil bunga mawar segar kurang lebih sepuluh gram. Selanjutnya tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera, Bila sudah agak dingin minum sebanyak dua kali sehari.

Bahan-bahan alami diatas mudah didapatkan, namun namanya obat herbal yang alami tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan obat yang dijual di apotek maupun di warung, konsumsilah salah satu diatas mana yang Anda sukai.