Cara Mengecilkan Perut Buncit

Cara Mengecilkan Perut Buncit – Perut buncit adalah masalah yang sangat mengganggu penampilan. Perut buncit menyusahkan pemilihan pakaian. Tidak semua model pakaian cocok untuk digunakan untuk perut buncit, terutama pakaian yang ketat pada bagian perut dan pinggang.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Sehingga, orang-orang yang berperut buncit kerap mengenakan pakaian yang longgar pada bagian perut. Sebenarnya, perut buncit bukanlah masalah untuk orang-orang yang bertubuh gemuk atau orang-orang yang obesitas. Orang-orang yang bertubuh kurus juga bisa memiliki perut yang buncit dan menggembung.

Hal ini dikarenakan perut merupakan bagian tubuh dengan tingkat elastisitas yang tinggi. Sehingga, lemak yang masuk ke dalam perut paling mudah bersarang di perut. Itulah mengapa perut mudah sekali membuncit walau tubuh kurus atau makan sedikit.

Tidak perlu khawatir jika memiliki perut yang membuncit karena ada banyak cara
mengecilkan perut buncit yang bisa dicoba setiap hari. Namun, sebelum membahas
secara detail bagaimana cara mengecilkan perut buncit dengan mudah dan cepat,
ketahui dulu faktor penyebab perut buncit yang akan dipaparkan di bawah ini

  • Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Ringan
    Walau terlihat sepele, mengonsumsi makanan ringan memberikan kontribusi yang besar pada penumpukan lemak di perut. Apalagi jika makanan ringan tersebut dikonsumsi pada malam hari.

    Makanan ringan mudah sekali membentuk lemak di perut karena makanan ringan mengandung perasa, pemanis, dan pengawet yang mengandung bahan kimia. Sehingga, sistem pencernaan tidak bisa mencerna makanan tersebut dengan baik. Alhasil, makanan ringan bertransformasi menjadi lapisan lemak yang menumpuk di perut.

  • Jarang Olahraga
    Kebiasaan hidup yang buruk memiliki pengaruh yang besar pada penumpukan lemak di perut, salah satunya kebiasaan enggan berolahraga. Orang-orang yang jarang berolahraga cenderung melakukan olahraga akan memiliki perut yang buncit karena otot-otot di perut tertimbun oleh lemak.

    Lemak tersebut tidak pernah dibakar melalui gerak tubuh sehingga mengakibatkan perut membuncit, apalagi jika aktivitas yang dilakukan sehari-hari hanya duduk dan bermain gadget.

  • Makan sebelum Tidur
    Kebiasaan buruk lain yang menyebabkan mengapa perut menjadi buncit adalah mengonsumsi makanan sebelum tidur. Padahal pembakaran lemak secara alami terjadi saat tidur. Namun, jika lemak yang ada di dalam perut terlalu banyak, maka pembakaran tidak bisa berlangsung secara efektif. Sehingga, pada pagi hari perut menjadi membuncit.

    Tidak hanya makan sebelum tidur yang dilarang, berbaring dengan kondisi perut kenyang bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti refluks asam lambung. Hal itu disebabkan oleh gravitasi yang berubah sehingga makanan yang dikonsumsi tidak bisa jatuh ke dalam perut.

    Sehingga, disarankan untuk makan paling akhir adalah dua jam sebelum tidur. Jika merasakan lapar yang teramat sebelum tidur, makanlah buah-buahan atau minum air putih yang rendah kalori.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Setelah mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan perut menjadi
buncit, maka ketahui pula cara menghilangkan perut buncit. Di bawah ini akan
dijelaskan secara detail cara mengecilkan perut buncit yang terbukti ampuh
menghilangkan tumpukan lemak di perut dalam waktu yang singkat.

  • Yoga
    Cara mengecilkan perut buncit yang pertama adalah dengan yoga. Yoga adalah
    olahraga yang memfokuskan pada pernapasan, kekuatan, serta kelenturan tubuh. Olahraga yang berasal dari India ini terbukti ampuh mengeluarkan gas yang berlebih di dalam perut.

    Sehingga, saluran pencernaan menjadi lebih lancar dan lipatan lemak di perut bisa hilang. Selain menyehatkan bagi tubuh, yoga adalah olahraga yang menyehatkan pikiran. Yoga merangsang tubuh mengeluarkan hormon yang menyebabkan pikiran menjadi stres.

    Teknik pernapasan yang dilakukan saat yoga terbukti ampuh membantu proses pembakaran lemak. Sehingga, lakukan yoga setiap 10 sampai dengan 20 menit dalam sehari untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh. Yoga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan video tutorial yang
    ada di internet.

  • Push-up dan Sit-up
    Cara mengecilkan perut buncit yang paling mudah dilakukan adalah dengan push-up dan sit-up. Dua latihan tersebut jika dilakukan secara rutin bisa menghilangkan tumpukan lemak dan lipatan yang bersarang di perut, pinggang, dan panggul.

    Latihan tersebut terbukti dapat mengendalikan nafsu makan karena menyebabkan efek perut yang kenyang. Sehingga, lakukan dua latihan tersebut setiap hari sebanyak 10 kali.

    Kemudian, setiap minggunya tingkatkan intensitas push-up dan sit-up supaya lemak yang menumpuk di perut terbakar dengan cepat. Selain itu, push-up dan sit-up adalah latihan yang ampuh untuk membentuk abs atau otot-otot di daerah perut.

  • Cardio
    Cardio merupakan latihan yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Namun, cardio menjadi latihan yang paling tepat untuk membakar lemak di tubuh dengan cepat.

    Hal ini dikarenakan cardio melibatkan gerak seluruh anggota tubuh, mulai dari lengan, kaki, perut, punggung, betis, dan paha. Cardio terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dai berlari, berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi.

  • Minum Teh Hijau
    Cara mengecilkan perut buncit tidak hanya dilakukan dengan berolahraga, tetapi juga dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, misalnya teh hijau. Teh hijau merupakan minuman yang sudah terbukti khasiatnya dalam membakar lemak, mengecilkan perut, dan menurunkan berat badan secara efektif.

    Teh hijau memiliki manfaat dalam melancarkan metabolisme tubuh, terutama metabolisme lemak dan kolesterol. Teh hijau juga mengandung senyawa antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

    Untuk menghilangkan lemak yang menumpuk di perut, minumlah satu cangkir teh hijau sebelum makan. Teh hijau akan memberikan rasa kenyang sehingga porsi makan secara otomatis berkurang. Namun, teh hijau yang diminum harus tidak dicampur dengan gula.

  • Makan Sayur dan Buah
    Sayur dan buah adalah dua bahan makanan dengan kadar kalori dan lemak yang rendah. Selain itu, sayur dan buah mengandung kadar serat yang tinggi. Serat di dalam sayur dan buah membantu melancarkan sistem pencernaan dan mempercepat proses pelarutan lemak.

    Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 14 gram sehari untuk melarutkan lemak di perut sebesar 4 persen dan menurunkan konsumsi kalori sebanyak 10 persen. Buah dan sayur tersebut bisa dikonsumsi dengan cara dibuat salad atau jus.

  • Minum Larutan Jahe dan Madu
    Jahe dan madu adalah kombinasi yang tepat untuk membakar lemak yang bersarang di dalam perut. Jahe merupakan rempah-rempah yang dapat mengurangi nafsu makan sehingga perut tidak mudah merasa lapar. Sedangkan, madu mengandung senyawa fruktosa yang ampuh dalam membakar lemak.

    Cara mengecilkan perut buncit dengan dua bahan tersebut sangatlah mudah. Campurkan dua sendok makan air perasan jahe dan tiga sendok makan madu ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian, minum larutan jahe dan madu setiap pagi dan malam hari.

Berdasarkan pemaparan di atas, sebenarnya cara menghilangkan tumpukan lemak di perut sangatlah mudah. Hindari konsumsi makanan yang berlemak dan berkalori tinggi pada malam hari serta terapkan kebiasaan hidup yang sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.