Cek Hal-hal Ini Sebelum Anda Membeli Sunblock

Matahari memiliki paparan sinar yang dapat membahayakan kulit tubuh kita. Jika kulit tidak kita lindungi dengan baik, maka akan memicu kanker kulit serta penuaan yang tidak kita inginkan. Karena itu, setiap Anda keluar rumah, ada baiknya melindungi kulit Anda menggunakan sunblock atau tabir surya.

Sunblock Nivea

Anda memang sangat mudah menemukan tabir surya karena dijual di toko obat maupun di pusat perbelanjaan. Namun, tidak semuanya dapat Anda pilih untuk kulit Anda, apalagi Anda tidak boleh sembarangan membelinya. Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum Anda benar-benar membelinya.

1. Tanggal manufaktur

Kandungan yang terdapat di dalam tabir surya memiliki sifat yang mudah terurai meskipun tersimpan di dalam tempat penyimpanan yang jauh dari sinar matahari. Maka dari itulah, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu tanggal manufaktur tabir surya yang Anda inginkan. Pilih tanggal pembuatannya yang paling baru agar kandungannya masih bagus dan layak Anda pakai.

Semakin baru produknya, maka akan semakin efektif melindungi kulit Anda dari sinar matahari UV. Agar tabir surya yang di rumah tidak mubazir atau sia-sia kadaluarsa, sebaiknya habiskan terlebih dahulu sebelum membelinya yang baru.

2. Tidak boleh mengandung bahan yang berbahaya

Setiap kemasan tabir surya pasti sudah diberikan daftar bahan-bahan yang biasanya diinformasikan di bagian belakang kemasan. Baca dengan teliti terlebih dahulu sebelum Anda memilihnya karena ada beberapa merek tabir surya yang memiliki kandungan berbahaya untuk kulit tubuh Anda.

Pastikan Anda tidak memilih tabir surya yang mengandung oxybenzone yang bahannya dapat memicu alergi kulit. Jika Anda malas membaca bahan-bahan di balik kemasannya, bisa saja Anda mendapat bahan yang berbahaya untuk kesehatan kulit Anda.

3. Pilih yang tipe krim

Sunblock ada berbagai macam tipe, baik itu semprot maupun yang dioleskan seperti bentuk krim. Namun, agar efeknya lebih ampuh untuk melindungi kulit tubuh, ada baiknya Anda memilih yang tipe krim karena bahan dasarnya yang lebih bagus dibandingkan yang semprot maupun bedak.

Tipe semprot atau bedak memilih kandungan mineral yang lebih banyak dan terdapat non partikel yang tidak baik untuk kesehatan kulit Anda. Tapi, jika Anda memiliki banyak rambut di kulit, memilih menggunakan tipe semprot lebih disarankan karena lebih efektif.

4. Pilih SPF yang tinggi

Tabir surya memiliki tingkat perlindungan UV yang berbeda-beda dan dikenal sebagai SPF. Tingkat perlindungan mulai dari 15 hingga 100. Tapi, Anda jangan sembarangan memilih SPF-nya karena menjadi perlindungan yang efektif untuk sinar UV yang terpapar ke kulit kita. SPF 15 tentu sudah memberikan perlindungan yang cukup. Namun, agar perlindungannya semakin baik, pilih yang lebih tinggi, seperti di atas 30.

5. Pastikan pilih yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas

Sunblock memiliki berbagai macam formula, seperti waterproof, sweat resistance, water resistance, atau bahkan tidak ada sama sekali formula tersebut. Anda harus memastikan terlebih dahulu aktivitas apa yang akan Anda lakukan karena akan mempengaruhi pemilihan formulanya.

Jika Anda ingin berenang atau berlibur ke pantai, pastikan Anda memilih tabir surya yang mengandung water resistance maupun sweat resistance agar dapat bertahan lama di kulit Anda. Jika tidak memakai formula sama sekali, hanya dalam beberapa menit saja terkena keringat maupun air, tabir surya yang sudah dioleskan akan cepat menghilang.

Selain itu, pastikan Anda memilih merek yang berkualitas seperti Nivea. Memiliki banyak formula yang dapat Anda pilih, kandungannya pun aman dari bahan-bahan berbahaya. Anda dapat melihat produknya terlebih dahulu di nivea.co.id.

Tags: