Tiga Derajat Luka Bakar

Berdasarkan keparahannya luka bakar dikelompokkan menjadi 3 derajat. Setiap derajat berbeda-beda cara penanganannya.

Tiga Derajat Luka Bakar dan Penanganannya

Langsung saja kita bahas, dimulai dari yang paling ringan hingga yang paling berat (ngeri dan parah)

Luka Bakar Derajat 1

Loading...

Ini adalah luka bakar yang paling ringan karena hanya merusak lapisan kulit paling atas (epidermis). Luka bakar derajat 1 ditandai dengan memerahnya kulit, timbul rasa sakit namun umumnya masih bisa ditahan, setelah sembuh tidak bekasnya atau bekas luka tidak terlalu kentara.

Luka Bakar Derajat 2

Derajat 2 dibagi menjadi dua:

  • Luka bakar derajat 2A
    Luka mencapai kedalaman dermis tetapi masih dangkal. Luka terasa sakit saat tersentuh, kulit kemerahan, timbul lepuhan. Sama seperti derajat 1 setelah sembuh tidak ada bekasnya atau bekas luka tidak terlalu kentara
  • Luka bakar derajat 2B
    Luka mencapai kedalaman dermis yang lebih dalam. Cirinya juga timbul lepuhan namun jika luka disentuh justru tidak terlalu terasa sakit. Warnanya tidak semerah derajat 1 atau 2a melainkan lebih pucat. Luka ini akan meninggalkan bekas setelah sembuh.

Luka Bakar Derajat 3

Level ini paling ngeri dan parah dimana kerusakannya paling dalam sampai merusak seluruh lapisan kulit. Bahkan ada kasus dimana otot dan tulang juga terkena. Di derajat ini kulit akan menjadi kering dan berwarna hitam, penderita sudah tidak merasa sakit lagi karena kerusakannya sangat parah.

Di atas adalah bahasan sekilas tentang tingkatan luka bakar. Sebenarnya pengelompokkannya tidak hanya itu, juga dibagi berdasarkan luas lukanya dan lainnya.

Untuk penanganannya secara garis besar luka bakar derajat 2 dan derajat 3 harus ditangani oleh dokter. Penderita sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit terdekat agar ditangani secepatnya oleh tenaga medis profesional.

Luka bakar derajat 1 bisa ditangani dengan mengalirkan air pada luka beberapa menit atau mengompresnya dengan kain yang dibasahi air biasa. Setelah itu luka dikeringkan dengan kain bersih secara hati-hati, dan dioleskan obat.

Salah satu obat luka bakar yang direkomendasikan adalah Hemolok. Obat ini dengan mudah bisa kamu dapatkan di Goapotik.com. Atau kamu bisa membelinya melalui aplikasi Goapotik yang bisa kamu install di playstore.

Perlu diingat, meski lukanya derajat 1 namun jika daerah yang terluka luas maka harus dibawa ke dokter segera. Pun jika setelah diobati ternyata tidak kunjung sembuh maka perlu diperiksakan ke dokter juga.

Incoming search terms:

  • lapisan kulit
  • perbedaan hidrokel dan varikokel
Loading...
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Selengkapnya

Es Kering

Es kering adalah salah satu jenis es yang digunakan untuk mendinginkan makanan yang dingin, di tempat yang tidak…