Harga Bibit Ikan Sidat

Harga Bibit Ikan Sidat – Belakangan ini bisnis budidaya ikan Sidat tengah berkembang. Terutama di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Sidat adalah salah satu jenis ikan yang memiliki bentuk sangat mirip dengan belut. Bedanya, ikan Sidat hidupnya di air, bukan di lumpur layaknya habitat belut. Perbedaan lainnya, ikan Sidat juga memiliki sirip dekat kepalanya.

Harga Bibit Ikan Sidat Per Kg Terlengkap

Pada dasarnya ikan Sidat hidup di air laut. Namun, semenjak menjadi primadona baru di dunia perikanan, para peternak ikan Sidat mulai membudidayakannya di kolam air tawar dengan melalui proses adaptasi ikan Sidat dari air laut, payau, hingga bisa hidup di air tawar. Ikan Sidat mulai diminati karena banyak peminatnya, harga jualnya yang mahal, dan menjadi komoditi ekspor. Saat ini, harga bibit ikan Sidatsaja sangat tinggi, tapi tetap tergantung dari jenisnya.

Terdapat setidaknya 18 jenis ikan Sidat di dunia, di mana 7 di antaranya berasal dari Indonesia. Di antara 7 ikan Sidat asal Indonesia tersebut, ada 2 jenis yang paling populer dan paling banyak dicari orang. Tentu saja keduanya ini memiliki potensi besar untuk dibudidayakan.

Kedua jenis ikan Sidat itu adalah Bicolor dan Marmorata. Ikan Sidat Bicolor bibitnya berasal dari Pulau Jawa dan bibit terbaiknya banyak ditemukan di sekitar daerah Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Ikan yang dikenal dengan nama Sidah Anjing ini memiliki ciri khas warna hitam kecokelatan dan sangat diminati orang Jepang.

Sementara itu, jenis ikan Sidat lainnya, yaitu ikan Sidat Marmota yang sumber bibitnya umum ditemukan di luar Pulau Jawa, seperti Kalimantan dan Sulawesi. Bibit terbaik dan paling banyak, sering ditemukan di daeah Poso. Ikan dengan julukan Sidat Kembang ini memiliki ciri khas yang tak kalah unik.

Tubuhnya berwarna hitam kecokelatan juga, namun ikan Sidat Marmota memiliki corak seperti batik dan sangat disukai oleh orang Indonesia, Taiwan, dan Korea. Keunikan coraknya merupakan salah satu daya tarik yang membuat harga bibit ikan Sidat Marmota bisa 2 – 3 kali lebih tinggi ketimbang Sidat lainnya.

Harga Bibit Ikan Sidat di Indonesia

Para pembudidaya ikan Sidat pemula pastinya ingin tahu dong berapa harga bibit ikan Sidat terkini. Jika bibitnya sudah besar, ikan Sidat bisa menjadi tinggi harganya. Hal ini karena banyaknya permintaan, baik dari dalam dan luar negeri, namun tidak sesuai dengan jumlah Sidat yang ada. Para pembudidaya ikan Sidat yang sudah berpengalaman, bisa mendapatkan keuntungan besar sekitar 10 – 20 juta dalam menjalani bisnis budi daya ikan Sidat.

Bicara mengenai harga bibit ikan Sidat tergantung dari ukurannya dan berbeda-beda di masing-masing wilayah. Biasanya, para pembudidaya ikan Sidat membeli bibit awal ikan Sidat dengan jumlah paling banyak 40 ekor per kg untuk kemudian dibesarkan. Sebab, ikan Sidat akan lebih mudah berkembang dan lebih tahan penyakit.

Sejatinya, ikan Sidat masih belum bisa dikembangbiakkan dengan bantuan manusia karena Sidat merupakan hewan hermafrodit atau bisa berubah kelamin ketika dewasa. Ikan Sidat anakan umumnya berkelamin jantan, namun setelah beranjak dewasa ia berganti kelamin menjadi betina.

Hal inilah yang membuat para peternak ikan Sidat cukup sulit membudidayakannya dan hal ini pulalah yang membuat harga bibit ikan Sidat dan ikan Sidat dewasa menjadi mahal. Jika Anda ingin membudidayakan ikan Sidat, berikut ini kami akan memberikan daftar harga lengkap bibit ikan Sidat terbaru per kilogram-nya. Simak info berikut:

Daftar Harga Bibit Ikan Sidat Berdasarkan Ukuran

Jumlah Ikan SidatHarga/Kg
Bibit Ikan Sidat 100 ekorRp 500.000
Bibit Ikan Sidat 60 ekorRp 350.000
Bibit Ikan Sidat 40 ekorRp 250.000
Bibit Ikan Sidat 20 ekorRp 200.000
Bibit Ikan Sidat 10 ekorRp 150.000

Daftar Harga Bibit Ikan Sidat Hari Ini

DaerahHarga 40/Kg
Harga Bibit Ikan Sidat Jawa TimurRp 225.000
Harga Bibit Ikan Sidat JakartaRp 300.000
Harga Bibit Ikan Sidat JogjaRp 250.000
Harga Bibit Ikan Sidat SidoarjoRp 230.000
Harga Bibit Ikan Sidat SemarangRp 240.000
Harga Bibit Ikan Sidat MalangRp 230.000
Harga Bibit Ikan Sidat BogorRp 280.000
Harga Bibit Ikan Sidat BandungRp 260.000

Daftar Harga Ikan Sidat Konsumsi Per Kg

DaerahHarga/Kg
JepangRp 500.000
JakartaRp 150.000
BandungRp 140.000
BogorRp 140.000
SerangRp 150.000
PurwokertoRp 120.000
SemarangRp 110.000
YogyakartaRp 125.000
SurabayaRp 110.000
MalangRp 115.000
SidoarjoRp 100.000
BaliRp 200.000
Luar JawaRp 180.000

Nah itulah referensi mengenai daftar harga bibit ikan sidat terbaru dan terlengkap. Penting untuk diperhatikan, bahwa harga bisa saja berubah-ubah setiap waktu.

Tags: