Ketahui Manfaat Arang Murni Bagi Kesehatan

1 min read

Ketahui Manfaat Arang Murni Bagi Kesehatan – Arang adalah hasil sisa pembakaran yang dilakukan pada kayu maupun bambu. Kayu dibakar dengan api akan menghasilkan arang, yang biasanya akan dibuang. Namun, banyak juga yang memanfaatkan arang.

Ketahui Manfaat Arang Murni Bagi Kesehatan
Ketahui Manfaat Arang Murni Bagi Kesehatan

Untuk membuat arang bambu biasanya bambu akan di bersihkan dari kotoran maupun serbuk halus pada bagian dalam bambu.

Selanjutnya ikat bambu dengan menggunakan tali yang juga terbuat dari bambu. Lakukan pembakaran bambu. Hal ini dilakukan agar memperoleh kadar air yang sedikit pada bambu. Untuk mengukur kadar air biasanya akan menggunakan alat ukur wood moisture meter.

Arang biasanya akan dibuang, karena banyak yang tidak mengetahui manfaat dari arang, trutama arang bambu bagi kesehatan. Arang bambu yang digunakan untuk diolah menjadi makanan biasanya arang bambu yang masih dalam keadaan aktif.

Beberapa hal dibawah ini adalah manfaat dari arang bambu yang masih aktif, diantarana adalah sebagai berikut :

  1. Mengobati keracunan

Arang yang masih aktif dapat membantu tubuh untuk mengobati keracunan. Arang dapat menyerap zat berbahaya dalam tubuh. Selain itu, arang aktif juga dapat mengobati seorang yang telah mengalami overdosis.

Meskipun dapat menyembuhkan keracunan, arang aktif tidak dapat menyembuhkan keracunan akibat alcohol, metal, sianida dan lain lain. Arang yang digunakan juga merupakan arang yang masih aktif.

  1. Menyembuhkan gigitan binatang

Sifat arang yang dapat membuang racun dapat menyembuhkan luka akibat gigitan bintang beracun. Gigitan akibat binatang tersebut dapat disembuhkan menggunakan arang yang aktif.

  1. Dapat menyembuhkan jerawat

Aktived charcoal dapat membantu mengilangkan jerawat. Banyak produk dipasaran yang menjajalkan manfaat arang aktif yang memilikibentuk bubuk.

Dengan mencampurkan actived charcoal dengan menggunakan air mawar ataupun air lidah buaya. Campurkan hingga merata dan oleskan pada jerawat.

  1. Memutihkan kulit

Meskipun arang memiliki warna yang hitam, namun salah satu manfaat actived charcoal adalah memutihkan kulit. Dengan mengangkat sel kulit yang kusam.

  1. Memutihkan gigi

Gunakan actived charcoal untuk memutihkan gigi. Dengan menggunakannya Bersama pasta gigi, meski dapat digunakan namun jangan terlalu sering karena dapat merusak enamel gigi.

Selain manfaat tersebut, terdapat manfaat lain yang terkandung dalam actived charcoal.

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Pengertian iman kepada malaikat adalah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam. Ada 6 rukun iman yang semuanya wajib diketahui,...
akubeni1
2 min read

Proses Pembuatan Keju

Proses Pembuatan Keju – keju merupakan makanan yang dihasilkan dari proses pemisahan zat zat padat dalam susu yang dihasilkan melalui proses pengentalan atau koagulasi....
lindanw15
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *