Antara Korosi Dengan PH

1 min read

Antara Korosi Dengan PH – larutan asam merupakan suatu larutan yang memiliki derajat keasaman yang tinggi, dengan tingkat pH lebih rendah dari 7. Selain itu, larutan asam merupakan zat yang mampu memberi proton (ion H+) kepada suatu basa dan mendapat pasangan electron bebas dari suatu basa.

Antara Korosi Dengan PH
Antara Korosi Dengan PH

Asam tak hanya ada dalam suatu makanan yang memiliki rasa asam, namun asam juga terkandung dalam lambung manusia.

Logam memiliki kandungan asam yang sangat kuat, maka dari itu sifat logam adalah asam. Logam mudah berkarat. Hal tersebut dikarenakan sifat asam pada logam bercampur atau terlalu banyak menerima air menjadikan logam berkarat atau korosi.

Korosi sendiri adalah perusakan logam akibat adanya kegiatan dari zat zat kimia dan oksigen atmosfer secara bersamaan. Yang membuat logam menjadi seperti berlumut dan menjadi berkarat.

Air hujan juga sangat berpengaruh bagi korosi yang terjadi di besi atau tembaga. Keduanya memiliki sifat asam, dan hujan juga memiliki sifat asam. Tetesan hujan akan menetes dan melalui oksigen lalu jatuh mengenai baja atau tembaga dan memepercepat terjadinya korosi.

Proses korosi biasanya terjadi akibat bercampurnya tiga elemen berbeda yaitu air, oksigen atau udara dan juga besi.

Tingkat keasaman sering juga disebut dengan pH. pH sendiri merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk mengukur suatu keasaman atau kebasaan dari suatu larutan ataupun benda lainnya.

Ph sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari hari. Untuk air minum yang biasa dikonsumsi harus memiliki pH yang baik. Ph air yang baik untuk air minum berkisar di pH 7. Pada pH tersebut sebuah larutan memiliki sifat yang netral. Tidak asam juga tidak basa.

Sedangkan suatu larutan yang memiliki pH dibawah 7 memiliki sifat asam yang juga disebut dengan pH asam. Larutan dengan pH yang tinggi memiliki sifat basa, air yang memiliki sifat basa sering disebut dengan air alkali.

Baik air yang bersifat terlalu asam ataupun terlalu basa tidak cocok untuk dikonsumsi manusia. Oleh karena itu, ketahui pH air dengan menggunakan alat ukur pH meter.

Incoming search terms:

  • pH korosif
  • Pengaruh pH terhadap terjadinya proses korosi
  • pengaruh ph terhadap korosi
  • pengaruh ph terhadap besi
  • mengapa korosi mudah terbentuk pada ph 7
  • karat besi asam atau basa?
  • kaitannya air korosif dg ph
  • basa dan korosifitas
  • apakah bisa berkarat bila ph basa
  • apa pengaruh ph terhadap korosi

Jenis Biji – Bijian

Jenis Biji – Bijian – Siapa yang tidak mengenal dengan yang namanya biji – bijian, sebuah buah yang berasal dari hasil tumbuhan yang ditanam...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Membuat Layang – Layang

Membuat Layang – Layang – Layangan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan layang – layang sendiri pastinya sudah tidak asing lagi oleh kita...
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Pemasangan Air Conditioner

Pemasangan Air Conditioner – Air Conditioner atau yang biasa disingkat dengan huruf AC, merupakan sebuah peralatan elektronik yang digunakan untuk mendinginkan ruangan yang panas....
tribagas34purbalingga@gmail.com
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *