Memasak Tanpa Menghilangkan Nutrisi

Memasak Tanpa Menghilangkan Nutrisi – Wortel merupakan jenis sayur yang mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan.

Memasak Tanpa Menghilangkan Nutrisi
Memasak Tanpa Menghilangkan Nutrisi

Rasa wortel yang manis ketika sudah masak memiliki rasa yang sedikit manis. Dalam pengolahan wortel, tidak boleh dimasak terlalu lama karena akan mengurangi nutrisi yang terkandung dalam wortel. Wortel memiliki kandungan yang cukup banyak yang dapat pastinya akan baik jika dikonsumsi secara rutin.

Dalam memasak wortel hanya membuhkan waktu yang singkat, sehingga nutrisi yang terkandung tidak akan hilang. Selain itu, dalam membersihkan wortel juga harus diperhatikan

Untuk membersihkan wortel juga cukup mudah, hanya dengan air yang mengalir dan sedikit gosokan. Namun, jangan memotong wortel terlebih dahulu karena hal tersebut mempengaruhi vitamin pada wortel yang akan hilang ketika dicuci.

Untuk lebih memudahkan dalam mencuci wortel dapat menggunakan alat pembersih ultrasonic buah dan sayur. Dengan menggunakan alat tersebut, nutrisi dan vitamin dapat terjaga. Nutrisi dan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari.

Beberapa khasiat wortel dapat dirasakan, dengan melakukan Teknik yang benar dalam mengolahnya. Sebaiknya, perhatikan beberapa cara dibawah ini untuk mengetahui cara yang benar dalam mengolah wortel. Caranya adalah :

  • Menggunakan microwave

Waktu memasak yang singkat pada microwave, dapat membantu memperkecil hilangnya nutrisi dan vitamin pada sayur. Sayuran yang hanya butuh waktu pemasakan yang sebentar dapat dimasak dengan menggunakan microwave.

Meski menggunakan microwave menyebabkan masakan menjadi kering, hal tersebut dapat diatasi dengan menuangkan sedikit air pada masakan.

  • Merebus

Cara ini dapat digunakan untuk mengolah wortel, brokoli serta zucchini. Merebus tidak dianjurkan untuk sayur lain karena dapat menghilangkan nutrisinya sebanyak 70%.

  • Mengukus

Cara memasak yang paling dianjurkan, yaitu dengan mengkukus makanan. Dengan mengkukus, nutrisi makanan akan terjaga. Cara ini juga dapat dilakukan untuk memasak semua sayur maupun makanan lain.

  • Membakar

Dengan memotoh sayur menjadi bagian kecil, selanjutnya ditusuk dan dibakar dapat menjaga nutrisi dengan baik.

  • Menumis

Cara yang paling sering dilakukan, dengan proses menggoreng yang cukup singkat tidak membuat nutrisi hilang namun memiliki rasa yang cukup enak pada masakan.

  • Tidak dimasak

Untuk wortel, dengan memakannya mentah nutrisi pada wortel tidak akan hilang.

 

Incoming search terms:

  • cara mengolah wortel tanpa menghilangkan nutrisinya