Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

1 min read

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan – Kacang kedelai merupakan salah satu jenis polong polongan yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Berbagai olahan dari kedelai memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan
Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

Kacang kedelai memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Konsumsi kedelai dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi beberapa olahan seperti halnya susu kedelai. Susu ini dikonsumsi untuk menggantikan asupan susu sapi yang tidak dapat dikonsumsi.

Susu kedelai dikonsumsi oleh orang orang yang alergi terhadap susu sapi, namun membutuhkan banyak nutrisi yang sama dengan asupan susu sapi. Susu kedelai dapat ditemukan di berbagai toko yang menyediakan, namun untuk menguji kemurniannya dapat menggunakan refraktometer susu kedelai.

Bukan hanya susu kedelai yang memiliki banyak manfaat, namun kedelai memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat kacang kedelai diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan lecithin yang terkandung dalam kedelai memiliki peran penting untuk komponen penyusun otak. Selain itu, adanya kandungan fitosterol dalam lecithin dapat membantu memperbaiki jaringan sel saraf yang rusak. Kedelai juga dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

  1. Merawat kulit

Konsumsi kedelai atau membuatnya sebagai masker dapat membantu merawat dan menjaga kulit agar tidak mengalami penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan isovlafon yang merupakan estrogen nabati yang mampu menghambat penuaan dini.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Protein nabati yang cukup banyak dalam kedelai membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu, konsumsi kedelai dapat membantu mencegah lemahnya system imun tubuh.

  1. Mengurangi kolesterol

Kedelai mengandung strerol nabati yang membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan strerol dapat memerangi berbagai kolesterol hewani dalam usus dan membuat penyerapan kolesterol menjadi lebih berkurang.

  1. Mencegah osteoporosis

Jika osteoporosis adalah keadaan rapuhnya komponen penyusun tulang, maka kedelai membantu menghambat berkurangnya sel tulang tersebut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan isoflavone dalam kedelai.

  1. Antioksidan

Kedelai memiliki kandungan antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh. Dengan begitu, maka beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dapat dikurangi resikonya. Kedelai juga mengandung inhibin protease yang membantu mengurangi gejala kankaer payudara.

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun – Sejak zaman romawi kuno, minyak zaitun memang telah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Minyak...
akubeni1
2 min read

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Melihat Komputer

Banyak sekali yang mengeluhkan mata sakit dan lelah karena terlalu lama melihat layar komputer. Bagi orang yang bekerja dengan memanfaatkan teknologi komputer tentu melihat...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *