Mitsubishi Xpander Crossover

Menjelang penutupan 2019, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS) memberi kejutan dengan meluncurkan model Xpander Crossover baru. Merek Jepang mengklaim bahwa Xpander Crossover adalah kombinasi dari kenyamanan MPV dan ketangguhan sebuah SUV. Karena, Xpander Crossover dibangun dari pangkalan Xpander, MPV terkenal yang pertama kali ada di negara ini.

Mitsubishi Xpander Crossover, Kombinasi dari MPV dan SUV

Sebagai pembeda, Mitsubishi menyematkan berbagai penyegaran pada Xpander Crossover mulai dari sektor eksterior, kaki, hingga interior. Dari brosur yang beredar, spesifikasi Xpander Crossover ditampilkan dengan jelas. Memang, kebanyakan dari mereka masih sama dengan versi MPV Xpander, tetapi tentu saja ada beberapa perbedaan.

Dimensi Mitsubishi Xpander Crossover

Di atas kertas, Mitsubishi Xpander Crossover memiliki dimensi yang lebih besar daripada Xpander biasa. Xpander Crossover memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm, dan wheelbase 2.700 mm.

Dengan ukuran ini, itu berarti bahwa Xpander Crossover, 50 mm lebih besar dari model MPV kecilnya. Kelebihan dimensi dimensi yang didapat oleh Xpander Crossover diduga karena menyematkan panel bodi di sekitarnya untuk menciptakan kesan tangguh.

Tapi dari dimensinya, ground clearance Xpander Crossover menjadi perhatian yang menarik. Jarak terendah dari tanah adalah 225 mm atau 20 mm lebih tinggi dari versi MPV Xpander. Peningkatan ground clearance diperoleh dari beberapa faktor. Pertama dari kombinasi pelek 17 inci dan ban 205/55 yang lebih besar, dan kedua karena paket yang semuanya baru dan peredam kejut.

Eksterior Mitsubishi Xpander Crossover

Eksterior Mitsubishi Xpander Crossover dianggap memiliki desain khusus yang menyesuaikan gaya hidup (gaya hidup) konsumen yang membutuhkan kendaraan dengan karakter tangguh. Demi menghadirkan karakter-karakter tangguh ini, Xpander Crossover mendapatkan banyak panel bodi tambahan di bagian depan, samping dan belakang.

Di bagian depan, Xpander Crossover mendapat selip plastik hitam tambahan di kiri bawah dan kanan dan di tengah bawah mendapat panel perak. Menghubungkan ke samping, mobil ini mendapat penjual bulat yang agak besar. Di tengah, di rok samping ada juga panel perak besar. Juga jangan ketinggalan, di atap ada rail roof, seolah untuk memperkuat karakter SUV tangguh, di sini. Di belakang, bumper Xpander Crossover mendapat selip hitam dan panel perak di tengah. Konsep desainnya sama dengan bagian depan dan samping.

Sepintas sepertinya Xpander Crossover terlihat seperti MPp Xpander yang diplester dengan semua aksesori tambahan agar terlihat tangguh. Ternyata anggapan ini hanya dari pandangan sekilas. Faktanya, Xpander Crossover mendapat banyak perubahan, terutama di bagian depan, Anda tahu. Sebut saja bentuk bumper, grille, hingga lampu mendapat perubahan total jika dibandingkan Xpander sebelumnya. Oh ya, lampu depan dan lampu kabut sepertinya layak mendapat apresiasi lebih karena menggunakan LED.

Secara umum, desain kompak SUV ini lebih berantakan dan ditempel dengan logo Mitsubishi yang lebih besar. Selain itu, tentu saja dengan jelas tertulis kata-kata “Xpander Crossover” di ujung kap mesin.

Interior Xpander Crossover

Segudang perubahan pada eksterior, interior Xpander Crossover ternyata tidak mengalami nasib yang sama. Ya, desain di kabin Xpander Crossover bisa dibilang hanya sedikit berubah. Saat memasuki kabin, yang paling jelas adalah pilihan warna gelap. Bagian dalam Xpander Crossover disematkan pada kombinasi hitam-cokelat dan krem ​​di langit-langit.

Detail tempat duduk juga tidak banyak berubah. Didominasi oleh warna hitam dan cokelat, kursi Xpander Crossover memang terlihat lebih premium. Apalagi sekarang tersedia dua pilihan bahan, kain dan kulit (kulit).

Di jajaran barisan depan tidak terasa banyak perubahan, hanya visibilitas sekarang yang terasa lebih tinggi. Visibilitas terbaik juga dapat diperoleh oleh penumpang di kursi baris kedua. Kenyamanan penumpang dinilai cukup baik karena ruang kaki dan ruang kepala cukup lega. Terlebih lagi, untuk penumpang di barisan kursi belakang, Xpander Crossover menyediakan ruang kaki dan ruang kepala yang juga cukup baik untuk penumpang dewasa.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Xpander Crossover

Berbicara soal dapur pacu, Xpander Cross dibenamkan dengan mesin yang sama dengan pendahulunya, mesin 4A91 dengan kapasitas 1.499 cc. Dengan mesin ini, Xpander Crossover diklaim mampu menghasilkan tenaga 102 Hp @ 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm @ 4.000 rpm. Kekuatan mesin kemudian disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi otomatis 4 kecepatan dan opsi transmisi manual 5 kecepatan.

Harga Mitsubishi Xpander Crossover

Mitsubishi Xpander Crossover tersedia dalam tiga varian berbeda. Harga Mitsubishi Xpander Crossover mulai dari Rp.267,7 juta hingga Rp286,7 juta untuk varian tertinggi.

Tags: