Peranan Iklim Dalam Kehidupan

Peranan Iklim Dalam Kehidupan – Iklim merupakan peristiwa alam yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas dan kehidupan manusia. Bahkan tidak hanya manusia saja, hewan dan tumbuhan juga akan terpengaruh oleh keadaan iklim.

Peranan Iklim Dalam Kehidupan

Berbeda dengan cuaca yang dapat berlangsung singkat, iklim mempunyai masa yang panjang. Namun pada umumnya baik cuaca maupun iklim dapat diprediksi atau diperkirakan dengan bantuan teknologi seperti satelit hingga alat pemantau cuaca atau weather station.

Lantas apa sajakah peranan iklim dalam kehidupan manusia itu sendiri :

Peranan Iklim Di Bidang Pertanian dan Budidaya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan negara agraris yang sangat menonjol dalam bidang pertaniannya. Maka sifat – sifat iklim seperti suhu, curah hujan dan musim sangat berpengaruh terhadap bidang pertanian.

Faktor iklim akan sangat berpengaruh dalam menentukan kecocokan dan optimalisasi pembudidayaan tanaman pertanian, sebagai contohnya padi sangat cocok dibudidayakan di daerah yang bersuhu udara panas dengan curah hujan yang cukup tinggi.

Namun tanaman hortikultura seperti sayuran atau buah akan cocok dibudidayakan di daerah sedang sampai sejuk dengan intensitas curah hujan yang tidak terlalu tinggi seperti tanaman padi.

Tidak hanya itu pada bidang kelautan maupun perikanan juga sangat dpengaruhi oleh iklim baik bagi para nelayan maupun ikan yang akan ditangkap. Pada dasarnya para nelayan sudah mengathui akan hal tersebut dan dengan pengetahuan yang dimiliki mereka tahu kapan datangnya angin musim barat dan angin musim timur.

Mereka akan sangat berhati – hati dalam menangkap ikan di laut bila sedang berlangsung angin musim barat karena angin ini akan menimbulkan gelombang besar yang membahayakan. Mereka juga akan membaca tanda – tanda alam seperti badai besar untuk menunda mereka dalam menangkap ikan.

Peranan Iklim Di Bidang Transportasi

Faktor iklim dan cuaca seperti suhu, arah dan kecepatan angin, awan maupun kabut akan sangat mempengaruhi bidang transportasi khususnya transportasi udara dan laut. Bahkan transportasi baik udara maupun laut dapat dibatalkan bila cuaca sedang buruk.

Peranan Iklim untuk Telekomunkasi

Faktor cuaca dan iklim juga akan sangat berpengaruh terhadap telekomunikasi karena hal tersebut dapat menunjang maupun menghambat telekomunikasi. Baik cuaca maupun iklim merupakan akibat dari proses – proses yang terjadi di atmosfer atau lapisan udara yang menyelebungi bumi.

Lapisan ini terdiri dari beberapa lapisan yang salah satunya adalah lapisan ionosfer. Partikel pada lapisan ini dapat mengalami ionisasi sehingga bermuatan listrik yang akan menunjang siaran radio dan televisi dapat dipancarkan hingga ke seluruh belahan bumi. Tentu bila lapisan ini terganggu maka akan sangat berpengaruh terhadap telekomunikasi.

Peranan Iklim untuk Pariwisata

Selain faktor diatas, bahkan bidang pariwisata juga akan dipengaruhi oleh ikim pula. Faktor seperti cuaca cerah, banyak cahaya matahari, kecepatan angin, udara sejuk, kering, panas dsb akan mempengaruhi pelaksanaan kegiatan wisata baik wisata laut maupun darat. Oleh karena itu bila Anda akan berwisata sebaiknya juga mempertimbangkan faktor cuaca maupun iklim.

Tags: