Pernis Pada Furniture

Pernis Pada Furniture – furniture sering dianggap lebih indah dengan ukiran maupun hiasan. Furniture juga dibutuhkan tahap pengecatan agar kayu dapat bertahan lama serta mengurangi potensi rayap. Pernis dapat digunakan seperti pada cat.

Pernis Pada Furniture
Pernis Pada Furniture

Tak hanya cat saja, ternyata pernis juga dapat digunakan untuk menambah kreasi kayu. Kayu yang akan digunakan akan dilapisi dengan menggunakan pernis agar lebih kelihatan mengkilap.

Cara mempernis kayu yang akan dijadikan furniture, dapat mengikuti panduan dibawah ini :

  • Sebelumnya persipakan alat serta bahannya. Alat serta bahannya berupa amplas, plitur atau pernis, kain dapat pula menggunakan kuas, pengencer, wadah untuk cairan pelitur, masker. Untuk cairan pengencer dapat digunakan spirtus, air atau bahan lain.
  • Untuk kayu yang akan digunakan, pastikan permukaannya bersih dari debu, kotoran dan hal lain yang menghambat jalannya pengecatan atau pernis. Lakukan pengamplasan pada permukaan kayu agar lebih halus.
  • Encerkan plitur menggunakan cairan sesuai dengan yang ada. Lalu celupkan kain yang sudah digulung ataupun menggunakan kuas, jangan lupa menggunakan masker.
  • Oleskan pada permukaan kayu secara merata, tunggu hingga kering. Jika sudah kering, amplas kembali permukaan kayu.
  • Lakukan aplikasi plitur pada kayu. Dengan mengaplikasikan beberap kali, maka hasil yang diinginkan dapat terwujud. Biasanya aplikasi ini dilakukan dua kali.

Jika Teknik pengecatan dilakukan dan menginginkan hasil lapisan cat yang merata dapat menggunakan alat ukur ketebalan lapisan. Alat yang biasanya digunakan oleh perusahaan yang berjalan di bidang furniture. Alat ini digunakan untuk mengukur lapisan cat atau pernis pada kayu.

Pernis memiliki beberapa fungsi yang ada dibawah ini :

  1. Fungsi proteksi

Pada fungsi ini, pernis diaplikasikan atau digunakan untuk kayu agar lebih tahan lama dan terhindar dari rayap ataupun debu dan hal lain yang membuat kayu tidak tahan lama.

  1. Fungsi estetika

Fungsi estetika merupakan suatu fungsi yang mengutamakan keindahan. Jadi, fungsi pernis ini untuk memeperindah suatu furniture. Furniture akan terlihat lebih mengkilap dari kayu yang belum dilapisi oleh pernis.